MENU

Keutamaan Orang Yang Bertakwa Kepada Allah

Keutamaan Orang Yang Bertakwa Kepada Allah

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Rabb semesta alam. Semoga shalawat serta salam tetap atas Nabi Muhammad shallallaahu 'alaihi wasallam beserta keluarganya, para sahabatnya, serta para pengikutnya.

Jika kita menghadiri ibadah sholat jumat, tentu di awal khutbah selalu disampaikan wasiat agar kita bertakwa kepada Allah dengan sebenar-benarnya takwa. Bahkan wasiat untuk bertakwa kepada Allah ini menjadi salah satu rukun khutbah yang jika tidak disampaikan maka tidak sah khutbah yang dilaksanakan.

Tahukah Anda? Jika kita menjadi orang yang bertakwa kepada Allah maka akan ada banyak keutamaan yang kita dapatkan. Nah apa sajakah keutamaan orang yang bertakwa kepada Allah dengan sebenar-benarnya takwa? Berikut ini beberapa keutamaan orang yang bertakwa kepada Allah yang terdapat di dalam Al-Quran dan Al-Hadits :

Allah Hanya Menerima Amal Orang Yang Bertakwa

Tahukah Anda? Amalan orang yang tidak bertakwa kepada Allah tidak akan diterima oleh Allah meskipun amalan tersebut memberikan dampak dan manfaat yang sangat besar kepada banyak orang. Allah ta'ala berfirman :

اِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللّٰهُ مِنَ الْمُتَّقِيْنَ

Sesungguhnya Allah hanya menerima (amal) dari orang-orang yang bertakwa.


[QS. Al-Maidah ayat 27]

Dalam suatu kisah yang disebutkan dalam kitab Tarikh Dimasyqo dikisahkan bahwa suatu ketika ada seorang penanya yang bertamu ke rumah Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu. Lalu Ibnu Umar memerintahkan kepada anaknya untuk memberikan orang tersebut satu dinar, maka ia pun memberikannya. Tatkala orang itu pergi sang anak berkata : "Semoga Allah menerima amalmu wahai ayah." Lalu Ibnu Umar berkata : "Seandainya aku tau bahwa Allah menerima satu sujud dariku atau sedekah satu dirham lebih aku sukai dari pada kematian. Tahukah kamu dari siapa Allah menerima Amal? Sesungguhnya Allah hanya menerima amal dari orang yang bertakwa."

Orang Yang Bertakwa Melewati Sirat dengan Selamat

Setiap manusia tanpa terkecuali (termasuk para Nabi dan Rasul) akan melewati sirat (jembatan) di atas neraka. Sirat adalah jembatan yang sangat licin dan menggelincirikan. Di atasnya terdapat besi pengait dan kawat berduri yang ujungnya bengkok. Diantara keutamaan orang yang bertakwa kepada Allah adalah hanya mereka sajalah yang Allah selamatkan ketika melewati sirat tersebut. Allah ta'ala berfirman :

وَاِنْ مِّنْكُمْ اِلَّا وَارِدُهَا ۚ كَانَ عَلٰى رَبِّكَ حَتْمًا مَّقْضِيًّا ۚ ثُمَّ نُنَجِّى الَّذِيْنَ اتَّقَوْا وَّنَذَرُ الظّٰلِمِيْنَ فِيْهَا جِثِيًّا

Tidak ada seorang pun di antaramu yang tidak melewatinya (sirat di atas neraka). Hal itu bagi Tuhanmu adalah ketentuan yang sudah ditetapkan. Selanjutnya, Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalamnya (neraka) dalam keadaan tersungkur.


[QS. Maryam ayat 71-72]

Surga Disiapkan Untuk Mereka Yang Bertakwa

Surga bukan untuk mereka yang tidak bertakwa. Sebaik apapun amal manusia yang tidak bertakwa tetaplah nihil di akhirat. Karena surga hanyalah disiapkan bagi orang yang bertakwa kepada Allah. Berdasarkan dalil di dalam Al-Quran :

وَسَارِعُوْٓا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمٰوٰتُ وَالْاَرْضُۙ اُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَۙ

Bersegeralah menuju ampunan dari Tuhanmu dan surga (yang) luasnya (seperti) langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa,


[QS. Ali Imron ayat 133]

Orang Bertakwa Adalah Rombongan Yang Terhormat di Padang Mahsyar

Setiap manusia akan dibangkitkan oleh Allah di padang mahsyar setelah kematiannya. Nah, diantara keutamaan orang yang bertakwa kepada Allah di hari itu adalah mereka akan dijadikan sebagai rombongan yang dihormati. Berdasarkan dalil dalam Al-Quran :

يَوْمَ نَحْشُرُ الْمُتَّقِيْنَ اِلَى الرَّحْمٰنِ وَفْدًا

(Ingatlah) suatu hari (ketika) Kami mengumpulkan orang-orang yang bertakwa (menghadap) kepada (Allah) Yang Maha Pengasih sebagai rombongan yang terhormat


[QS. Maryam ayat 85]

Pada Hari Kiamat Orang Bertakwa Akan Saling Bersaudara

Dunia ini bukanlah tempat yang abadi, termasuk persahabatan dan persaudaraan. Jika kita menginginkan persaudaraan yang abadi maka jadilah orang yang bertakwa. Karena orang yang bertakwa kepada Allah akan menjadi saudara selamanya di hari kiamat. Allah ta'ala berfirman :

اَلْاَخِلَّاۤءُ يَوْمَىِٕذٍۢ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ اِلَّا الْمُتَّقِيْنَ ۗ

Teman-teman akrab pada hari itu saling bermusuhan satu sama lain, kecuali orang-orang yang bertakwa.


[QS. Az-Zukhruf ayat 67]

Bahkan semua rasa dendam yang ada pada hati mereka juga akan dicabut oleh Allah ketika mereka memasuki surga. Disebutkan dalil dalam Al-Quran :

اِنَّ الْمُتَّقِيْنَ فِيْ جَنّٰتٍ وَّعُيُوْنٍۗ اُدْخُلُوْهَا بِسَلٰمٍ اٰمِنِيْنَ وَنَزَعْنَا مَا فِيْ صُدُوْرِهِمْ مِّنْ غِلٍّ اِخْوَانًا عَلٰى سُرُرٍ مُّتَقٰبِلِيْنَ

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam (surga yang penuh) taman-taman dan mata air. (Allah berfirman,) “Masuklah ke dalamnya dengan sejahtera dan aman.” Kami mencabut segala rasa dendam yang ada dalam hati mereka. Mereka bersaudara (dan) duduk berhadap-hadapan di atas dipan.


[QS. Al-Hijr ayat 45-47]

Orang Bertakwa Mendapatkan Apa Yang Diinginkan di Surga

Dunia adalah negeri yang penuh dengan penderitaan. Jika kita menginginkan sesuatu kita harus bersusah payah untuk mendapatkannya.

Lain halnya dengan surga. Surga adalah tempat yang penuh dengan kebahagiaan. Apapun yang diinginkan akan dikabulkan oleh Allah dalam sekejap tanpa harus melalui penderitaan dan pengorbanan. Diantara keutamaan orang yang bertakwa adalah mereka akan mendapatkan apa yang mereka inginkan di surga kelak. Allah ta'ala berfirman :

جَنّٰتُ عَدْنٍ يَّدْخُلُوْنَهَا تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ لَهُمْ فِيْهَا مَا يَشَاۤءُوْنَ ۗ كَذٰلِكَ يَجْزِى اللّٰهُ الْمُتَّقِيْنَۙ

(yaitu) surga-surga 'Adn yang mereka masuki. Sungai-sungai mengalir di bawahnya. Di dalam (surga) itu mereka mendapat segala yang mereka inginkan. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bertakwa.


[QS. An-Nahl ayat 31]

Kedudukan Orang Bertakwa di Hari Kiamat

Hari ini orang yang bertakwa memang hina di mata orang-orang kafir. Hari ini mereka menertawakan orang-orang bertakwa yang rela menghabiskan waktunya untuk meraih sesuatu yang tidak tampak. Akan tetapi, suatu saat nanti kedudukan orang kafir akan terhina. Sedangkan kedudukan orang yang bertakwa itu berada di atas mereka di hari kiamat. Allah ta'ala berfirman :

زُيِّنَ لِلَّذِيْنَ كَفَرُوا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا وَيَسْخَرُوْنَ مِنَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا ۘ وَالَّذِيْنَ اتَّقَوْا فَوْقَهُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ وَاللّٰهُ يَرْزُقُ مَنْ يَّشَاۤءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Kehidupan dunia dijadikan terasa indah dalam pandangan orang-orang yang kufur dan mereka (terus) menghina orang-orang yang beriman. Padahal orang-orang yang bertakwa itu berada di atas mereka pada hari Kiamat. Allah memberi rezeki kepada orang yang Dia kehendaki tanpa perhitungan.


[QS. Al-Baqarah ayat 212]

Allah Cinta Pada Orang yang Bertakwa

Tidak ada cinta yang membawa pada kebaikan yang sempurna kecuali cinta dari Allah. Oleh karena itu diantara keutamaan orang yang bertakwa kepada Allah adalah mereka akan mendapatkan cinta-Nya. Allah ta'ala berfirman :

بَلٰى مَنْ اَوْفٰى بِعَهْدِهٖ وَاتَّقٰى فَاِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَّقِيْنَ

Bukan begitu! Siapa yang menepati janji dan bertakwa, sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertakwa.


[QS. Ali Imron ayat 76]

Allah Bersama Orang Yang Bertakwa

Siapakah yang tidak mau senantiasa bersama Allah subahanhu wata'ala? Jika kita menginginkan Allah selalu bersama kita maka jadilah orang yang bertakwa. Karena Allah itu senantiasa bersama orang-orang yang bertakwa. Berdasarkan dalil dalam Al-Quran :

وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah bersama orang-orang yang bertakwa.


[QS. Al-Baqarah ayat 194]

Akhir Yang Baik Adalah Untuk Mereka Yang Bertakwa

"Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian." Kata sebuah peribahasa.

Peribahasa di atas tentu lebih tepat jika diperuntukan untuk orang yang bertakwa. Mengapa demikian? Karena pada akhirnya hanya orang bertakwalah yang akan mendapatkan kebahagiaan, kesenangan, kesuksesan, dan kemenangan selama-lamanya.

وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ

Kesudahan (yang baik) adalah bagi orang-orang yang bertakwa.


[QS. Al-A'raf ayat 128]

Orang Yang Bertakwa Kepada Allah Adalah Walinya Allah

Apakah wali Allah adalah orang yang terlihat seperti orang gila? Apakah wali Allah adalah orang yang bisa terbang? Tentu tidak!

Justru wali Allah adalah mereka yang beriman dan bertakwa. Inilah salah satu keutamaan orang bertakwa kepada Allah yang sangat mulia. Berdasarkan sebuah dalil :

اَلَآ اِنَّ اَوْلِيَاۤءَ اللّٰهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَۚ اَلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَكَانُوْا يَتَّقُوْنَۗ لَهُمُ الْبُشْرٰى فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا وَفِى الْاٰخِرَةِۗ لَا تَبْدِيْلَ لِكَلِمٰتِ اللّٰهِ ۗذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُۗ

Ketahuilah bahwa sesungguhnya (bagi) para wali Allah itu tidak ada rasa takut yang menimpa mereka dan mereka pun tidak bersedih. (Mereka adalah) orang-orang yang beriman dan selalu bertakwa. Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan di akhirat. Tidak ada perubahan bagi kalimat-kalimat (ketetapan dan janji) Allah. Demikian itulah kemenangan yang agung.


[QS. Yunus ayat 62-64]

Demikianlah pemaparan beberapa keutamaan orang yang bertakwa kepada Allah. Semoga kita dijadikan oleh Allah subahanhu wata'ala sebagai orang-orang yang bertakwa. Amiin ya Robbal 'aalamiin.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan komentar yang mencerminkan seorang muslim yang baik :)