Keutamaan Sholat Dhuha Beserta Haditsnya

Keutamaan Sholat Dhuha

Sholat dhuha (صَلَاةُ الضُّحَى) merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan di waktu dhuha. Waktu dhuha dimulai dari terbitnya matahari hingga pertengahan siang atau menjelang waktu dhuhur. Kita dapat melaksanakan sholat sebanyak dua rakaat, empat rakaat, delapan rakaat bahkan hingga dua belas rakaat. Adapun tata cara pelaksanaannya adalah dengan salam di setiap dua rakaat.

Sholat dhuha termasuk salah satu sholat yang memiliki banyak keutamaan yang sangat dahsyat. Lalu, apa sajakah keutamaan sholat dhuha yang dahsyat itu?

Berikut ini kita kami paparkan beberapa hadits yang berkaitan dengan keutamaan sholat dhuha dari kitab-kitab hadits yang masyhur.

Sholat Dhuha Mencukupi Sedekah Setiap Persendian

Tahukah Anda? Masing-masing dari anggota persendian di tubuh kita ada sedekah yang harus dikeluarkan setiap paginya. Nah, salah satu keutamaan sholat dhuha adalah dapat mencukupi semua sedekah yang harus dikeluarkan oleh setiap anggota persendian kita. Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda :

‌يُصْبِحُ ‌عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ، وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ. وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

Setiap pagi dari tiap persendian masing-masing dari kalian harus ada sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar makruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu sudah tercukupi dengan dua rakaat sholat dhuha.


[HR. Muslim]

فِي الْإِنْسَانِ ثَلَاثُمِائَةٍ وَسِتُّونَ مَفْصِلًا، فَعَلَيْهِ أَنْ يَتَصَدَّقَ عَنْ كُلِّ مَفْصِلٍ مِنْهُ بِصَدَقَةٍ قَالُوا: وَمَنْ يُطِيقُ ذَلِكَ يَا نَبِيَّ اللهِ؟ قَالَ: النُّخَاعَةُ فِي الْمَسْجِدِ تَدْفِنُهَا، وَالشَّيْءُ تُنَحِّيهِ عَنِ الطَّرِيقِ، فَإِنْ لَمْ تَجِدْ فَرَكْعَتَا الضُّحَى تُجْزِئُكَ

"Di dalam diri manusia terdapat tiga ratus enam puluh persendian, yang mana hendaknya ia memberikan sedekah dari setiap persendian tersebut." Para sahabat bertanya : "Wahai Nabi, memangnya ada yang mampu melakukan hal itu?" Nabi menjawab : "Mengubur dahak di masjid atau sesuatu yang engkau buang dari jalan adalah sedekah, apabila engkau tidak mendapatinya maka sholat dhuha dua rakaat itu sudah cukup bagimu."


[HR. Abu Dawud]

Sholat Dhuha adalah Sholatnya Awwabin

Sholat dhuha adalah sholat yang banyak dikerjakan oleh para Awwabin. Siapakah itu awwabin? Awwabin adalah orang-orang yang patuh kepada Allah, senantiasa bertasbih, banyak kembali dan bertaubat kepada Allah, serta ikhlas dalam melaksanakan ketaatan. Nah, salah satu dari keutamaan sholat dhuha adalah bahwa sholat dhuha merupakan sholatnya awwabin. Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda :

خَرَجَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى أَهْلِ قُبَاءَ وَهُمْ يُصَلُّونَ فَقَالَ: صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ إِذَا رَمِضَتِ ‌الْفِصَالُ

Pernah Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam keluar menemui penduduk Quba saat mereka sedang melaksanakan shalat, lalu beliau bersabda : "Shalatnya awwabin dikerjakan ketika anak unta mulai beranjak karena kepanasan."


[HR. Muslim]

Sholat Dhuha adalah Sholat yang Disaksikan

Tahukah Anda? Waktu dhuha adalah waktu hadirnya para Malaikat untuk bertugas mencatat amalan dan menyaksikan amalan manusia. Oleh karena itu, pada waktu tersebut, Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam menganjurkan untuk sholat di waktu tersebut. Maka dapat dikatakan bahwa diantara keutamaan sholat dhuha adalah sholat yang dihadiri dan disaksikan oleh para Malaikat. Disebutkan dalam sebuah hadits :

صَلِّ صَلَاةَ الصُّبْحِ، ثُمَّ أَقْصِرْ عَنِ الصَّلَاةِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ حَتَّى تَرْتَفِعَ فَإِنَّهَا تَطْلُعُ حِينَ تَطْلُعُ بَيْنَ قَرْنَيْ شَيْطَانٍ، وَحِينَئِذٍ يَسْجُدُ لَهَا الْكُفَّارُ. ثُمَّ صَلِّ فَإِنَّ الصَّلَاةَ مَشْهُودَةٌ مَحْضُورَةٌ حَتَّى يَسْتَقِلَّ الظِّلُّ بِالرُّمْحِ

Sholatlah di waktu subuh, kemudian tahanlah (untuk tidak sholat setelah itu) sampa waktu terbitnya mata hari sampai meninggi. Karena sesungguhnya waktu itu adalah waktu munculnya dua tanduk setan, dan orang-orang kafir sujud di waktu itu. Kemudian sholatlah, karena sesungguhnya sholat (di waktu itu) adalah sholat yang disaksikan dan dihadiri sampai bayangan sama dengan tombak (yaitu menjelang dzuhur).


[HR. Muslim]

Keutamaan Sholat Dhuha 4 Rakaat

Hanya dengan empat rakaat sholat dhuha maka Allah akan memberikan kecukupan dari kecemasan, kerisauan, dosa-dosa, dan juga kelalaian hingga akhir siang. Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda : bahwa Allah ta'ala berfirman :

يَا ابْنَ آدَمَ لَا تُعْجِزْنِي مِنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فِي أَوَّلِ نَهَارِكَ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Wahai anak Adam, janganlah engkau meninggalkan-Ku dari empat rakaat di awal siang, maka aku akan berikan kecukupan padamu hingga akhir siang.


[HR. Abu Dawud]

Pahala Melaksanakan Sholat Dhuha

Apakah Anda menginginkan pahala haji dan umrah tanpa haji dan umrah? Jika iya, maka berjalanlah ke masjid untuk melaksanakan sholat fardhu dalam keadaan suci, dan berjalanlah untuk melaksanakan sholat dhuha, maka Anda akan mendapatkan pahala seperti orang yang haji dan umroh. Di dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda :

مَنْ مَشَى إِلَى صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ وَهُوَ مُتَطَهِّرٌ كَانَ لَهُ كَأَجْرِ الْحَاجِّ الْمُحْرِمِ، وَمَنْ مَشَى ‌إِلَى ‌سُبْحَةِ ‌الضُّحَى كَانَ لَهُ كَأَجْرِ الْمُعْتَمِرِ، وَصَلَاةٌ عَلَى إِثْرِ صَلَاةٍ لَا لَغْوَ بَيْنَهُمَا كِتَابٌ فِي عِلِّيِّينَ

Barang siapa yang berjalan untuk melaksanakan sholat wajib dalam keadaan suci maka ia mendapatkan pahala seperti pahala haji yang berihram, dan barang siapa yang berjalan unuk melaksanakan sholat dhuha maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang umrah. Dan sholat demi sholat yang tidak ada perbuatan sia-sia di antara keduanya maka akan dicatat di dalam 'illiyyin.


[HR. Ahmad]

Pahala Sholat Dhuha dan Ghanimah

Harta ghanimah adalah harta yang diperoleh dari musuh dengan cara berperang. Banyaknya harta ghanimah tentu sangatlah menggiurkan bagi para pasukan. Akan tetapi sholat dhuha masih jauh lebih baik daripada banyaknya harta ghanimah tersebut. Dikisahkan dalam sebuah hadits :

بَعَثَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَرِيَّةً، فَغَنِمُوا، وَأَسْرَعُوا الرَّجْعَةَ، فَتَحَدَّثَ النَّاسُ بِقُرْبِ مَغْزَاهُمْ، وَكَثْرَةِ غَنِيمَتِهِمْ، وَسُرْعَةِ رَجْعَتِهِمْ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " أَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى أَقْرَبَ مِنْهُ مَغْزًى، وَأَكْثَرَ غَنِيمَةً، وَأَوْشَكَ رَجْعَةً؟ مَنْ تَوَضَّأَ، ثُمَّ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ ‌لِسُبْحَةِ ‌الضُّحَى، فَهُوَ أَقْرَبُ مَغْزًى، وَأَكْثَرُ غَنِيمَةً، وَأَوْشَكُ رَجْعَةً

Pernah Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam mengutus satu pasukan lalu mereka pulang dengan cepat dan membawa ghanimah. Maka orang-orang pun ribut membicarakan medan perang terdekat, banyaknya ghonimah mereka, serta cepatnya mereka pulang dari peperangan. Lalu Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda : "Maukah kalian aku tunjukkan medan perang yang terdekat, banyak ghanimahnya, dan dapat pulang dengan cepat? Yaitu barang siapa yang berwudhu lalu ia pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat dhuha maka dia telah mendapatkan medan perang yang terdekat, ghonimah yang banyak, dan pulang dengan cepat."


[HR. Ahmad]

Keutamaan Menjaga Sholat Dhuha 2 Rakaat

Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda :

مَنْ حَافَظَ عَلَى ‌شُفْعَةِ ‌الضُّحَى، غُفِرَتْ لَهُ ذُنُوبُهُ، وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ

Barang siapa yang menjaga dua rakaat sholat dhuha maka diampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.


[HR. Ahmad]

Keterangan
Menurut Syaikh Syu'aib Al-Arnauth hadits ini dhoif.

Keutamaan Sholat Dhuha 12 Rakaat

Diantara keutamaan sholat dhuha sebanyak 12 rakaat adalah dibangunkan Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda :

مَنْ صَلَّى ‌الضُّحَى ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً بَنَى اللَّهُ لَهُ قَصْرًا مِنْ ذَهَبٍ فِي الجَنَّةِ

Barang siapa sholat dhuha dua belas rakaat maka Allah akan bangunkan untuknya istana dari emas di surga.


[HR. Tirmidzi]

Al-Albani : Dhoif

Keterangan
Menurut Syaikh Al-Albani hadits ini dhoif.

Demikianlah pembahasan mengenai keutamaan sholat dhuha beserta haditsnya dari Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam. Semoga dipaparkannya artikel ini dapat menjadi memotivasi kita untuk mengerjakan sholat dhuha. Amiin.

Related Posts :