Doa Memohon Perlindungan Allah dari Setiap Kejelekan

Doa Memohon Perlindungan Allah

Termasuk bagian dari hikmah diciptakannya kejelekan adalah agar manusia senantiasa memohon perlindungan kepada Allah . Contoh umumnya adalah ketika kita hendak membaca Al-Quran. Sebelum kita membaca Al-Quran maka disitu Allah memerintahkan kita untuk meminta perlindungan dari godaan syetan.

Hal ini dikarenakan, mereka para syetan memiliki misi utama untuk menggoda anak Adam agar terjauh dari jalan yang lurus. Bisa saja syetan tersebut membuat kita tidak betah berlama-lama dengan Al-Quran. Atau bila kita tetap bertahan dari godaan syetan hingga bisa berlama-lama dengan Al-Quran maka syetan mencari cara lain, yaitu dengan menyimpangkan niat kita.

Oleh karena itu kita sebagai hamba-Nya hendaklah senantiasa memohon perlindungan kepada-Nya. Allah sendiri telah memerintahkan kepada Nabi- Nya untuk berlindung kepada Allah dari kejelekan yang diciptakan-Nya. Allah berfirman :

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ ١ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ ٢ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ ٣ وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ ٤ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ ࣖ ٥

Katakanlah (Nabi Muhammad), “Aku berlindung kepada Tuhan yang (menjaga) fajar (subuh) dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dari kejahatan perempuan-perempuan (penyihir) yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”


[QS. Al-Falaq ayat 1-5]

Berikut ini akan kami paparkan beberapa doa memohon perlindungan kepada Allah dari berbagai macam kejelekan.

Baca Juga : Doa Meminta Pertolongan Kepada Allah

Doa Memohon Perlindungan dari Sifat Pengecut dan Pikun

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أُرَدَّ إِلَى أَرْذَلِ العُمُرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ

Allahumma inni a'udzuubika minal jubni, wa a'uudzubika an urodda ilaa ardzalil 'umur, wa a'uudzubika min fitnatid dunyaa, wa a'uudzubika min 'adzaabil qobri.

Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari sifat pengecut, dan aku berlindung pada-Mu apabila aku dikembalikan pada sehina-hinanya umur (pikun), dan aku berlindung pada-Mu dari fitnah dunia, dan aku berlindung padamu dari siksa kubur.


[HR. Bukhari no. 2822]

Doa Berlindung dari Sifat Lemah dan Malas

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ العَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالجُبْنِ وَالهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ

Allahumma innii a'uudzubika minal 'ajzi wal kasali, wal jubni wal haromi, wa a'uudzubuka min fitnatil mahyaa wal mamaat, wa a'uudzubika min 'adzaabil qobri.

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung padamu dari sifat lemah dan malas, pengecut dan tua renta (pikun), dan aku berlindung pada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian, dan aku berlindung pada-Mu dari siksa kubur.


[HR. Bukhari no. 2833]

Doa Memohon Perlindungan dari Sifat Pengecut, Banyak Hutang, dan Kejahatan Orang

للَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَمِّ وَالحَزَنِ، وَالعَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالبُخْلِ وَالجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Allahumma innii a'uudzubika minam hammi wal hazani, wal 'ajzi wal kasali, wal bukhli wal jubni, wa dhola'iddaini, wa gholabatir rijaal

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari gelisah dan sedih, lemah dan malas, pelit dan pengecut, dan banyak hutang dan kejahatan orang lain.


[HR. Bukhari no. 2893]

Doa Berlindung Kepada Allah dari Sifat Pengecut

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ البُخْلِ

Allahumma innii a'uudzubika minal kasali, wa a'uudzubika minal jubni, wa a'uudzubika minal haromi, wa a'uudzubuka minal bukhli.

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari sifat pemalas, dan aku berlindung padamu dari sifat pengecut, dan aku berlindung padamu dari pikun, dan aku berlindung padamu dari sifat pelit.


[HR. Bukhari no. 6371]

Doa Berlindung dari Segala Kejelekan

اللهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ، وَرَبَّ الْأَرْضِ، وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، مُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَالْإِنْجِيلِ وَالْقُرْآنِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ ذِي شَرٍّ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ، أَنْتَ الْأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُونَكَ شَيْءٌ، اقْضِ عَنِّي الدَّيْنَ، وَأَغْنِنِي مِنَ الْفَقْرِ

Allahumma robbis samaawaatis sab'I, wa robbil ardhi, wa robbi kulli syai'in, faaliqul habbi wan nawaa, munzilat taurooti wal injiili wal qur'aani, a'uudzubika min syarri kulli dzii syarrin anta aakhidzun binaashiyatihi, antal awwalu falaisa qoblaka syai'un, wa antal aakhiru falaisa ba'daka syai'un, wa antadz dzoohiru falaisa fauqoka syai'un, wa antal bathinu falaisa duunaka syaiun, iqdhi 'annid diina, wa aghninii minal faqri.

Ya Allah, rabbnya tujuh langit dan bumi, rabbnya segala sesuatu, yang membelah dan menumbuhkan biji-bijian, yang menurunkan taurat, injil dan al-Quran, aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan segala yang memiliki kejelekan karena Engkaulah yang menggenggam segala sesuatu, Engkaulah yang Maha Awal maka tidak ada sesuatupun sebelum-Mu, Engkaulah yang Maha Akhir maka tidak ada sesuatupun setelah-Mu, dan Engkaulah yang Dzohir maka tidak ada sesuatupun di atas-Mu (menutupi-Mu) dan Engkaulah yang Bathin maka tidak ada sesuatupun yang tersembunyi oleh-Mu, lunasilah hutang-hutangku dan cukupkanlah aku dari kefakiran.


[HR. Ahmad no. 8960]

Doa Memohon Perlindungan Allah dari Fitnah Dajjal

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا، وَفِتْنَةِ الْمَمَاتِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ المَأْثَمِ وَالمَغْرَمِ

Allahumma innii a'uudzubika min 'adzaabil qobri, wa a'uudzubika min fitnatil masiihid dajjaal, wa a'uudzubika min fitnatil mahyaa, wa fitnatil mamaati, allaahumma innii a'uudzubika minal ma'tsami wal maghrom.

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Al-Masih Ad-Dajjal, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan, dan fitnah kematian, ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari perbuatan dosa dan hutang.


[HR. Bukhari no. 832]

Doa Memohon Perlindungan dari Empat Hal

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ قَلْبٍ لاَ يَخْشَعُ، وَمِنْ دُعَاءٍ لاَ يُسْمَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لاَ تَشْبَعُ، وَمِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَؤُلاَءِ الأَرْبَعِ

Allahumma innii a'uudzubika min qolbin laa yakhsya'u, wa min du'aain la yusma'u, wa min nafsin laa tasyba'u, wa min 'ilmin laa tanfa'u, wa a'uudzubika min haaulaail arba'.

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hati yang tidak khyusuk, dan dari doa yang tidak didengarkan, dan dari diri yang tidak pernah puas, dan dari ilmu yang tidak bermanfaat, dan aku berlindung kepada-Mu dari empat hal tersebut.


[HR. Tirmidzi no. 3482]

Doa Berlindung dari Sifat-sifat Jelek

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ، وَالْهَرَمِ، وَعَذَابِ الْقَبْرِ، اللَّهُمَّ آتِ نَفْسِي تَقْوَاهَا، وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرُ مَنْ زَكَّاهَا، أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلَاهَا، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَعِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَدَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا

Allaahumma innii a'uudzubika minal 'ajzi wal kasali, wal bukhli wal jubni, wal haromi, wa 'adzaabil qobri, Allahumma aati nafsii taqwaahaa, wa zakkihaa anta khoiru man zakkaahaa, anta waliyyuhaa wa maulaahaa, Allahumma innii a'uudzubika min qolbin laa yakhsya'u, wamin nafsin laa tasyba'u, wa ilmin laa yanfa'u, wa da'watin laa yustajaabu lahaa.

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari sifat lemah dan malas, pelit dan pengecut, pikun, dan siksa kubur. Ya Allah datangkanlah ketakwaan jiwaku, dan sucikanlah jiwaku karena Engkau sebaik-baiknya yang mensucikannya, engkaulah walinya dan kekasihnya. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hati yang tidak khusyuk, dan dari hati yang tidak pernah puas, dan dari ilmu yang tidak bermanfaat, dan dari doa yang tidak dikabulkan.


[HR. Nasa'i no. 5458]

Demikianlah doa-doa memohon perlindungan kepada Allah dari segala keburukan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Related Posts :