Khutbah Tentang Sabar Menghadapi Cobaan

Khutbah Tentang Sabar Menghadapi Cobaan

Khutbah tentang sabar menghadapi cobaan adalah salah satu tema khutbah yang penting untuk disampaikan. Sebagai seorang pendakwah, kita harus memberikan pencerahan kepada umat tentang bagaimana seharusnya seorang muslim menyikapi cobaan. Tujuannya agar cobaan itu disikapi dengan sabar dan tidak mencari jalan pintas dengan melanggar batasan-batasan agama.

Pada postingan kali ini, kami akan menyajikan salah satu contoh teks khutbah tentang sabar menghadapi cobaan. Teks khutbah ini kami susun secara singkat dan dengan gaya bahasa yang mudah. Insya Allah, contoh naskah ini sangat cocok dijadikan referensi bagi para khotib yang hendak menyampaikan materi khutbah tentang sabar menghadapi cobaan.

Berikut ini adalah contoh naskah khutbah singkat tentang sabar menghadapi cobaan :

Khutbah Pertama

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ كَمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ وَبَارَكَ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُمْ إِلَى يَوْمِ الدِّينِ

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْـمُسْلِمُوْنَ أُوْصِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ

قَالَ اللّٰهُ تَعَالَى: يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقٰىتِهٖ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ

Jama'ah kaum muslimin rahimakumullah...

Sebagai seorang yang beriman kepada hari akhir, kita pasti menginginkan surga dari Allah di akhirat kelak. Bagaimana tidak? Surga adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan. Di dalamnya tidak ada kesengsaraan, tidak ada kesedihan, tidak ada kepayahan, dan tidak ada kesusahan. Yang ada hanyalah kesenangan, kebahagiaan, dan kenikmatan yang kekal dan abadi.

Namun, menggapai surga bukanlah hal yang mudah. Barang siapa yang ingin memasukinya maka ia harus melalui rintangan dan cobaan yang berat terlebih dahulu. Allah berfirman :

أَمۡ حَسِبۡتُمۡ أَن تَدۡخُلُواْ ٱلۡجَنَّةَ وَلَمَّا يَأۡتِكُم مَّثَلُ ٱلَّذِينَ خَلَوۡاْ مِن قَبۡلِكُمۖ مَّسَّتۡهُمُ ٱلۡبَأۡسَآءُ وَٱلضَّرَّآءُ وَزُلۡزِلُواْ حَتَّىٰ يَقُولَ ٱلرَّسُولُ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مَعَهُۥ مَتَىٰ نَصۡرُ ٱللَّهِۗ أَلَآ إِنَّ نَصۡرَ ٱللَّهِ قَرِيبٞ ٢١٤

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan, dan diguncang (dengan berbagai cobaan) sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, “Kapankah datang pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.


[QS. Al-Baqarah ayat 214]

Jama'ah kaum muslimin rahimakumullah...

Ketahuilah bahwa cobaan yang Allah berikan kepada kita bukanlah tanpa alasan. Betapa banyak di antara kita yang berprasangka buruk kepada Allah tatkala cobaan itu menimpa kita. Padahal, tujuan Allah memberikan cobaan kepada kita adalah untuk menguji seberapa besar kesungguhan dan kesabaran kita untuk meraih ridho dan surga-Nya.

Ingatlah bahwa surga adalah tempat yang sangat mulia. Surga bukanlah tempat bagi sembarang orang. Surga hanya layak dihuni oleh mereka yang berjihad dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan ketaatan dan menjauhi kemaksiatan. Surga hanya layak dihuni bagi mereka yang tetap sabar menghadapi cobaan. Dengan adanya cobaan tersebut, Allah bisa menyeleksi manakah yang layak masuk surga dan manakah yang tidak layak masuk surga. Allah berfirman :

أَمۡ حَسِبۡتُمۡ أَن تَدۡخُلُواْ ٱلۡجَنَّةَ وَلَمَّا يَعۡلَمِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ‌جَٰهَدُواْ ‌مِنكُمۡ وَيَعۡلَمَ ٱلصَّٰبِرِينَ ١٤٢

Apakah kamu mengira akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antara kamu dan belum nyata pula orang-orang yang sabar.


[QS. Ali Imron ayat 142]

Jama'ah kaum muslimin rahimakumullah...

Setiap dari kita pasti akan menghadapi cobaannya masing-masing. Ada yang dicoba dengan kehilangan rasa aman, ada yang dicoba dengan kehilangan keluarganya, ada yang dicoba dengan kehilangan hartanya, dan ada juga yang dicoba dengan kehilangan pekerjaannya.

Jika kita mampu bersabar menghadapi cobaan tersebut maka kabar gembiranya adalah Allah akan memberikan ampunan, rahmat, dan juga hidayah-Nya kepada kita. Allah berfirman :

وَلَنَبۡلُوَنَّكُم بِشَيۡءٖ مِّنَ ٱلۡخَوۡفِ وَٱلۡجُوعِ وَنَقۡصٖ مِّنَ ٱلۡأَمۡوَٰلِ وَٱلۡأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ ١٥٥ ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتۡهُم مُّصِيبَةٞ قَالُوٓاْ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيۡهِ رَٰجِعُونَ ١٥٦ أُوْلَٰٓئِكَ عَلَيۡهِمۡ صَلَوَٰتٞ مِّن رَّبِّهِمۡ وَرَحۡمَةٞۖ وَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡمُهۡتَدُونَ ١٥٧

Kami pasti akan mengujimu dengan sedikit ketakutan dan kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Sampaikanlah (wahai Nabi Muhammad,) kabar gembira kepada orang-orang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan “Innā lillāhi wa innā ilaihi rāji‘ūn” (sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya hanya kepada-Nya kami akan kembali). Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tu-hannya dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.


[QS. Al-Baqarah ayat 155-157]

Jama'ah kaum muslimin rahimakumullah...

Betapa banyak di antara kita yang mengira bahwa sabar memiliki batasan. Terkadang kita menggunakan kalimat "sabar itu ada batasnya" sebagai alibi untuk membenarkan ketidaksabaran kita. Padahal, Allah tidak memberikan batasan pahala bagi mereka yang mampu bersabar. Bahkan, pahala tersebut akan diberikan dengan sempurna tanpa pengurangan sedikitpun. Allah :

إِنَّمَا يُوَفَّى ٱلصَّٰبِرُونَ أَجۡرَهُم بِغَيۡرِ حِسَابٖ

Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa perhitungan.


[QS. Az-Zumar ayat 10]

Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi kita untuk membatasi kesabaran. Ketahuilah! Salah satu di antara penyebab kita membatasi kesabaran adalah karena kita tidak mau berusaha untuk bersabar. Padahal, jika kita berusaha untuk bersabar maka Allah akan menganugrahkan kita kesabaran. Rasulullah bersabda :

وَمَنْ ‌يَتَصَبَّرْ يُصَبِّرْهُ اللهُ

Barang siapa yang menyabar-nyabarkan dirinya maka Allah akan memberinya kesabaran.


[HR. Bukhari no. 1469]

Jama'ah kaum muslimin rahimakumullah...

Membatasi kesabaran bukanlah sifatnya orang-orang yang sabar menghadapi cobaan. Seandainya mereka itu memiliki batas kesabaran maka batasnya adalah saat mereka telah menginjakkan kakinya di surga.

Mereka telah mengalami penderitaan dan cobaan yang cukup panjang di dunia. Namun, cobaan tersebut tidak membuat mereka menyerah atas keadaan. Mereka tetap istiqomah bersabar hingga Allah memanggil. Hingga pada akhirnya, penderitaan itu hilang tepat saat mereka menginjakkan kaki di surga. Malaikat pun menyambut kedatangan mereka dengan doa keselamatan. Dikisahkan dalam Al-Quran :

سَلَٰمٌ عَلَيۡكُم بِمَا صَبَرۡتُمۡۚ فَنِعۡمَ عُقۡبَى ٱلدَّارِ ٢٤

(Malaikat berkata,) “Salāmun ‘alaikum (semoga keselamatan tercurah kepadamu) karena kesabaranmu.” (Itulah) sebaik-baiknya tempat kesudahan (surga).


[QS. Ar-Ra’d ayat 24]

Sambutan itu membuat mereka semakin senang dan bahagia. Mereka sadar bahwa salam itu adalah pertanda bahwa mereka tidak akan merasakan penderitaan lagi untuk selama-lamanya. Mereka pun bersyukur memuji Allah karena telah menghilangkan penderitaan mereka. Dikisahkan dalam Al-Quran :

وَقَالُواْ ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ ٱلَّذِيٓ ‌أَذۡهَبَ عَنَّا ٱلۡحَزَنَۖ إِنَّ رَبَّنَا لَغَفُورٞ شَكُورٌ ٣٤

Mereka berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kesedihan dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.


[QS. Fathir ayat 34]

Oleh karena itu, dunia bukanlah tempat untuk mengakhiri kesabaran. Cobaan apapun yang menimpa, kita harus tetap bersabar dan tidak menyerah dengan keadaan. Teruslah berjalan di atas jalan-Nya dan jangan pernah keluar seberat apapun cobaannya. Fokuslah dan terus maju sebab surga senantiasa menanti orang-orang yang bersabar.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱصۡبِرُواْ وَصَابِرُواْ وَرَابِطُواْ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ ٢٠٠

Wahai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu, kuatkanlah kesabaranmu, tetaplah bersiap siaga di perbatasan (negerimu), dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung


[QS. Ali Imron ayat 200]

بَارَكَ اللّٰهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمِ

Khutbah Kedua

الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ كَمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ وَبَارَكَ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُمْ إِلَى يَوْمِ الدِّينِ

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْـمُسْلِمُوْنَ أُوْصِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا ‌صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا ‌صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ

رَبَّنَا لَا تُزِغۡ قُلُوبَنَا بَعۡدَ إِذۡ هَدَيۡتَنَا وَهَبۡ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحۡمَةًۚ إِنَّكَ أَنتَ ٱلۡوَهَّابُ

رَبَّنَآ ءَاتِنَا ‌فِي ‌ٱلدُّنۡيَا حَسَنَةٗ وَفِي ٱلۡأٓخِرَةِ حَسَنَةٗ وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

Related Posts :