Dzikir Sebelum Tidur Malam dan Artinya

Dzikir Sebelum Tidur Malam dan Artinya

Dzikir sebelum tidur malam adalah salah satu sunnah Rasulullah yang mulai banyak dilupakan. Betapa banyak di antara kita yang ketika mengantuk langsung membaringkan tubuh kita di atas tempat tidur lalu tertidur tanpa berdzikir terlebih dahulu. Padahal jika kita mau mengamalkan dzikir sebelum tidur malam maka akan ada banyak keutamaan yang kita dapatkan.

Rasulullah mengajarkan banyak sekali macam-macam doa dan dzikir sebelum tidur malam. Kita dapat membaca seluruh dzikir-dzikir tersebut sebelum kita tidur atau hanya memilih beberapa jenis dzikir saja yang ingin kita baca. Tentu saja seluruh bacaan dzikir sebelum tidur malam yang Rasulullah ajarkan ada keutamaannya masing-masing. Artinya kita dapat membaca dzikir tersebut sesuai dengan keutamaan yang kita inginkan.

Pada artikel kali ini, akan kami paparkan beberapa doa dan dzikir sebelum tidur malam dan artinya yang diajarkan oleh Rasulullah kepada umatnya. Berikut beberapa lafal dzikir sebelum tidur yang Rasulullah ajarkan :

1. Membaca Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas Sebelum Tidur

Sebaik-baiknya dzikir adalah Al-Quran. Di antara ayat-ayat Al-Quran yang berfungsi sebagai penjagaan dari segala marabahaya adalah surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan juga An-Naas. Diriwayatkan dalam sebuah hadits :

عَنْ عَائِشَةَ : أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ، جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا، فَقَرَأَ فِيهِمَا: {قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ}، وَ {قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ}، وَ {قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ}، ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ، يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ، وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ، يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ

Dari 'Aisyah : Ketika Nabi beranjak ke tempat tidurnya di setiap malam, beliau menyatukan kedua telapak tangannya lalu meniupnya dan membacakan : قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ, dan قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ, dan قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ. Kemudian beliau mengusap seluruh tubuhnya yang mampu ia jangkau dengan kedua tangannya. Beliau mulai dari kepala dan wajahnya, dan bagian belakang tubuhnya. Beliau melakukannya sebanyak tiga kali.


[HR. Bukhari no. 5017]

Agar lebih mempermudah, berikut uraian tata cara berdzikir sebelum tidur yang diajarkan oleh Rasulullah :

  1. Rapatkan kedua tangan seperti berdoa.
  2. Tiup kedua telapak tangan tersebut.
  3. Bacakan surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas pada kedua telapak tangan tersebut.
  4. Usapkan telapak tangan ke seluruh tubuh yang terjangkau mulai dari bagian kepala dan wajah hingga bagian belakang tubuh.
  5. Ulangi langkah ini sebanyak 3x.

Berikut bacaan surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas yang dapat dibaca sebelum tidur :

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ ١ اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ ٢ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ ٣ وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ ࣖ ٤

Katakanlah (Nabi Muhammad), “Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan serta tidak ada sesuatu pun yang setara dengan-Nya.”


[QS. Al-Ikhlash]

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ ١ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ ٢ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ ٣ وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ ٤ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ ࣖ ٥

Katakanlah (Nabi Muhammad), “Aku berlindung kepada Tuhan yang (menjaga) fajar (subuh) dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dari kejahatan perempuan-perempuan (penyihir) yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”


[QS. Al-Falaq]

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ ١ مَلِكِ النَّاسِۙ ٢ اِلٰهِ النَّاسِۙ ٣ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ ٤ الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ ٥ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ ࣖ ٦

Katakanlah (Nabi Muhammad), “Aku berlindung kepada Tuhan manusia, raja manusia, sembahan manusia dari kejahatan (setan) pembisik yang bersembunyi yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”


[QS. An-Naas]

2. Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur

Ayat kursi adalah salah satu ayat dalam Al-Quran yang jika kita baca maka kita akan dilindungi dari setan. Berikut lafal ayat kursi yang bisa kita jadika dzikir sebelum tidur malam dan artinya :

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allah, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mahahidup lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak dilanda oleh kantuk dan tidak (pula) oleh tidur. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun dari ilmu-Nya, kecuali apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya (ilmu dan kekuasaan-Nya) meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dialah yang Mahatinggi lagi Mahaagung.

3. Membaca Dua Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah Sebelum Tidur

Jika kita ingin diberikan kecukupan oleh Allah selama kita tidur, maka sangat dianjurkan untuk membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah. Jika kita membaca dzikir tersebut maka kita berharap kepada Allah agar kita diberikan kecukupan oleh Allah dari segala gangguan makhluk-Nya sehingga tidur kita bisa lebih berkualitas. Berikut lafalnya :

اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖ ۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

Rasul (Muhammad) beriman pada apa (Al-Qur'an) yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang mukmin. Masing-masing beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata,) “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Mereka juga berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami, wahai Tuhan kami. Hanya kepada-Mu tempat (kami) kembali.” Allah tidak membebani seseorang, kecuali menurut kesanggupannya. Baginya ada sesuatu (pahala) dari (kebajikan) yang diusahakannya dan terhadapnya ada (pula) sesuatu (siksa) atas (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa,) “Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami salah. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami. Maka, tolonglah kami dalam menghadapi kaum kafir.”

4. Menyebut Nama Allah Sebelum Tidur

Suatu perkara yang tidak diawali dengan menyebut nama Allah maka akan terputus keberkahannya. Oleh karena itu, jika kita hendak memperoleh keberkahan dan kebaikan dari tidur maka hendaknya menyebut nama Allah sebelum tidur. Diriwayatkan bahwa ketika Nabi hendak tidur maka beliau membaca :

‌بِاسْمِكَ ‌اللَّهُمَّ ‌أَمُوتُ ‌وَأَحْيَا

Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah, aku mati dan aku hidup.

5. Berserah Diri Kepada Allah Sebelum Tidur

Di antara salah satu sunnah yang sering terlalaikan sebelum tidur ialah berwudhu sebagaimana wudhu untuk sholat. Rasulullah menganjurkan kepada kita untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum tidur. Setelah itu, ketika sudah berada di tempat tidur maka beliau memerintahkan kita untuk membaca dzikir sebelum tidur sebagai berikut :

اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، ‌لَا ‌مَلْجَأَ ‌وَلَا ‌مَنْجَا ‌مِنْكَ ‌إِلَّا ‌إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ، وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

Ya Allah, sesungguhnya aku menyerahkan diriku pada-Mu, aku serahkan semua urusanku pada-Mu, aku sandarkan punggungku pada-Mu, karena hanya mengharap dan takut kepada-Mu. Tidak ada tempat perlindungan dan keselamatan dari-Mu kecuali kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab yang Engkau turunkan dan kepada Nabi yang Engkau utus.

Keutamaan membaca dzikir sebelum tidur di atas adalah jika seseorang membaca dzikir tersebut dengan penuh penghayatan dan keyakinan yang kuat, lalu ketika tidur ia wafat, maka ia akan wafat di atas fitrah Islam.

6. Membersihkan Kasur dan Menyebut Nama Allah Sebelum Tidur

Tahukah Anda? Ketika kita tidur, sesungguhnya nyawa kita berada digenggaman Allah . Sebagai manusia, kita tidak pernah tahu apakah nyawa tersebut dikembalikan lagi ke dalam raga kita ataukah tidak. Oleh karena itu, ketika hendak tidur, kita dianjurkan oleh Rasulullah untuk mengibaskan kasur terlebih dahulu, lalu membaca dzikir sebelum tidur malam sebagai berikut :

بِاسْمِكَ رَبِّ ‌وَضَعْتُ ‌جَنْبِي وَبِكَ أَرْفَعُهُ، إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِي فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ الصَّالِحِينَ

Dengan menyebut nama-Mu wahai Rabb-ku, aku letakkan lambungku, dan dengan nama-Mu pula aku bangun. Apabila Engkau mencabut nyawaku, maka rahmatilah ia, dan jika engkau membiarkannya hidup, maka jagalah sebagaimana Engkau menjaga orang-orang shalih.

7. Membaca Tasbih Tahmid dan Takbir Sebelum Tidur

Pernah suatu ketika Fathimah meminta seorang pembantu kepada Rasulullah . Maka beliau pun memberi tahu sesuatu yang lebih baik dari pada pembantu, yaitu membaca tasbih 33x, tahmid 33x, dan takbir 34x. Berikut lafal tasbih tahmid dan takbir yang dapat kita baca sebagai dzikir sebelum tidur :

‌سُبْحَانَ اللَّهِ 33x

Artinya : Maha Suci Allah

الْحَمْدُ لِلَّهِ 33x

Artinya : Segala puji bagi Allah

‌اللَّهُ ‌أَكْبَرُ 34x

Artinya : Allah Maha Besar

8. Doa Berlindung dari Adzab Sebelum Tidur

Sesungguhnya adzab Allah sangatlah pedih. Nabi sendiri sangat takut dengan adzabnya Allah. Oleh karena itulah jika Nabi hendak tidur maka beliau meletakkan tangannya di bawah kanannya lalu berlindung dari adzab Allah dengan membaca doa sebagai berikut :

اللَّهُمَّ ‌قِنِي عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ

Ya Allah, jagalah aku dari adzab-Mu pada hari dibangkitkannya hamba-hamba Mu.

9. Bersyukur Kepada Allah Sebelum Tidur

Hari ini tentu banyak sekali nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Mulai dari nikmat makanan, nikmat minuman, nikmat kecukupan, hingga nikmat rumah yang saat ini kita huni.

Jika kita melihat orang yang ada di bawah kita maka tentu tidak semuanya diberikan nikmat-nikmat tersebut. Betapa banyak orang yang kelaparan, kehausan, serta tidak diberikan rumah dan tempat tidur yang nyaman. Oleh karena itu, jika seharian kita telah menikmati nikmat-nikmat tersebut, maka sepatutnya kita bersyukur kepada Allah sebelum kita tidur kembali dengan membaca dzikir sebelum tidur berikut ini :

الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا، وَسَقَانَا، وَكَفَانَا، وَآوَانَا فَكَمْ مِمَّنْ لَا كَافِيَ لَهُ، وَلَا مُؤْوِيَ

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kami makanan dan minuman, mencukupi kami, dan memberikan kami tempat berlindung. Betapa banyak orang yang tidak tercukupi dan tidak bertempat tinggal.

10. Mendoakan Jiwa Sebelum Tidur

Nyawa yang saat ini masih berada di dalam tubuh kita berada di bawah kekuasaan Allah . Jika Allah berkehendak maka Allah akan mencabut nyawa kita kapan saja, termasuk saat kita lagi tidur. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk berdoa dengan doa sebelum tidur malam sebagai berikut :

اللَّهُمَّ خَلَقْتَ نَفْسِي وَأَنْتَ تَوَفَّاهَا، لَكَ مَمَاتُهَا وَمَحْيَاهَا إِنْ أَحْيَيْتَهَا فَاحْفَظْهَا، وَإِنْ أَمَتَّهَا فَاغْفِرْ لَهَا، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ

Ya Allah, sesungguhnya Engkau-lah yang telah menciptkan jiwaku, dan Engkau-lah yang akan mewafatkannya. Kematiannya dan kehidupannya hanyalah milik-Mu. Jika Engkau menghidupkannya, maka jagalah ia. Jika Engkah mematikannya maka ampunilah ia. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keselamatan.

11. Doa Pelunas Hutang dan Memohon Kecukupan Sebelum Tidur

Allah adalah Tuhannya seluruh alam yang menguasai segala sesuatu. Jika kita memiliki masalah yang berat maka hanya kepada Allah-lah hendaknya kita mengadu dan memohon pertolongan. Di antara salah satu ajaran yang Rasulullah ajarkan kepada kita adalah hendaknya kita membaca doa sebelum tidur sebagai berikut :

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ وَرَبَّ الْأَرْضِ، وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ رَبَّنَا، وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَالْإِنْجِيلِ وَالْفُرْقَانِ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الْأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُونَكَ شَيْءٌ اقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ، وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Ya Allah, Rabbnya langit-langit dan Rabbnya bumi, Rabbnya arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu, Pembelah biji dan benih, Yang menurunkan Taurat, Injil, dan Al-Furqan (Al-Quran), aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau genggam ubun-ubunya. Ya Allah, Engkau-lah yang Maha Awal tidak ada suatu apapun sebelum-Mu, dan Engkau-lah yang Maha Akhir tidak ada suatu apapun setelah-Mu, dan Engkau-lah yang Maha Zhahir tidak ada suatu apapun yang mengungguli-Mu, dan Engkau-lah yang Maha Bathin dan tidak ada suatu apapun yang tersembunyi dari-Mu, lunasilah hutang kami dan cukupkanlah kami dari kefakiran.

Penutup

Demikianlah pemaparan dzikir-dzikir sebelum tidur malam dan artinya yang dapat kami paparkan. Semoga kita dimudahkan untuk senantiasa mengingat Allah di setiap waktu, khususnya di penghujung aktivitas kita sebelum tidur.

Related Posts :