Doa Memakai Pakaian dan Melepas Pakaian Serta Arti dan Manfaatnya

Doa Memakai Pakaian dan Melepas Pakaian

Allah menurunkan pakaian kepada manusia agar manusia dapat menutupi aurat mereka. Pakaian adalah pembeda antara menusia dengan hewan. Hewan tidak menutupi badan mereka dengan pakaian, sedangkan manusia menutupi badan mereka dengan pakaian.

Di dalam Islam, kita diajarkan untuk senantiasa berdzikir kepada Allah dalam setiap aktivitas. Termasuk salah satunya adalah ketika memakai pakaian dan melepas pakaian. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan kami paparkan doa memakai pakaian dan melepas pakaian yang dapat kita amalkan sehari-hari.

Doa memakai pakaian dan melepas pakaian merupakan salah satu doa yang banyak terlupakan oleh sebagian besar kaum muslimin. Padahal, jika kita mengamalkan doa-doa tersebut maka ada manfaat yang dahsyat di baliknya. Berikut doa memakai pakaian dan melepas pakaian beserta latin, arti dan manfaatnya.

A. Doa Memakai Pakaian

Pakaian yang saat ini kita kenakan merupakan salah satu nikmat dari Allah. Sebagai seorang muslim, tidak sepatutnya kita lupa bersyukur atas nikmat tersebut. Oleh karena itu, Rasulullah menganjurkan kepada kita untuk membaca doa memakai pakaian berikut ini :

الْحَمْدُ ‌لِلَّهِ ‌الَّذِي ‌كَسَانِي هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ

Latin : Alhamdulillahilladzii kasaanii hadzats-tsauba, wa rozaqniihi min ghoiri haulim-minnii walaa quwwah

Arti : Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian kepada ku dengan pakaian ini dan memberikan rezeki kepadaku tanpa daya dan kekuatan dariku.


[HR. Abu Dawud no. 4023]

Apabila kita membaca doa tersebut ketika memakai pakaian maka keutamaannya adalah diampuni dosanya baik yang akan datang maupun yang telah lalu. Rasulullah bersabda :

وَمَنْ لَبِسَ ثَوْبًا فَقَالَ: الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي كَسَانِي هَذَا الثَّوْبَ، وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ

Barang siapa yang memakai pakaian lalu ia berdoa : "Alhamdulillahilladzii kasaanii hadzats-tsauba, wa rozaqniihi min ghoiri haulim-minnii walaa quwwah" maka diampuni dosanya baik yang telah lalu maupun akan datang.


[HR. Abu Dawud no. 4023]

B. Doa Memakai Pakaian Baru

Tahukah Anda? Salah satu sunnah yang banyak dilupakan kaum muslimin ketika mengenakan pakaian baru adalah menyebut nama pakaian tersebut lalu membaca doa memakai pakaian baru. Disebutkan dalam sebuah hadits bahwa tatkala Nabi menjumpai pakaian baru ia memulai dengan menyebut nama pakaian tersebut, lalu beliau membaca doa memakai pakaian baru sebagai berikut :

اللَّهُمَّ ‌لَكَ ‌الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيهِ، أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Latin : Allahumma lakal-hamdu anta kasautaniihi, as-aluka min khoirihi wa khoiri maa shuni'a lahuu, wa a'uudzu bika min syarrihi wa syarri maa shuni'a lahuu.

Arti : Ya Allah, hanya untuk-Mu segala puji, Engkaulah yang memberikan pakaian padaku. Aku meminta kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan yang dihasilkan karena pakaian ini. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan yang dihasilkan oleh pakaian ini.


[HR. Abu Dawud no. 4020]

Manfaat dari kita membaca doa memakai pakaian baru tersebut adalah agar Allah menjadikan pakaian tersebut menjadi sebab kita melakukan kebaikan. Selain itu, dengan kita membaca doa memakai pakaian baru maka kita berharap semoga Allah menjaga kita dari perbuatan buruk setelah memakai pakaian baru tersebut.

C. Doa Untuk Mendoakan Orang Yang Memakai Pakaian Baru

Ketika salah satu saudara muslim kita diberikan rezeki berupa pakaian baru maka hendaknya kita menghindari sikap iri dan dengki. Oleh karena itu, agar sikap tersebut tidak muncul maka kita dianjurkan untuk mendoakan orang yang baru mengenakan pakaian baru. Dahulu, para sahabat Nabi tatkala salah seorang dari mereka mengenakan pakaian baru maka mereka akan didoakan dengan doa sebagai berikut :

تُبْلِي، وَيُخْلِفُ اللهُ تَعَالَى

Latin : Tublii, wayukhlifullaahu ta'aalaa.

Arti : Semoga awet sampai Allah menggantinya (dengan yang baru)


[HR. Abu Dawud no. 4020]

Manfaat mendoakan orang lain yang mengenakan pakaian baru adalah agar membuat hati mereka gembira, serta agar menghindarkan hati kita dari perasaan iri dan dengki terhadap rezeki yang mereka peroleh.

D. Doa Melepas Pakaian

Allah tidak hanya menciptakan makhluk yang bisa kita lihat dengan mata kita. Akan tetapi, Allah juga menciptakan makhluk yang tidak bisa dilihat oleh mata kita. Salah satu makhluk tersebut adalah jin.

Saat kita melepas pakaian tentu kita tidak ingin jika aurat kita dilihat oleh orang lain. Biasanya kita akan mencari tempat yang sepi dan tertutup agar aurat kita tidak dilihat oleh orang lain ketika melepas pakaian. Namun, kita tidak tahu apakah saat kita melepas pakaian ada jin yang melihat atau tidak. Meskipun kita melepas pakaian di tempat yang sepi dan tertutup bisa jadi ternyata ada jin yang nimbrung di tempat tersebut.

Oleh karena itu, di antara salah satu sunnah yang perlu kita amalkan adalah dengan membaca doa melepas pakaian. Tujuannya agar jin tidak bisa melihat aurat kita. Doa melepas pakaian sangatlah singkat. Disebutkan dalam sebuah hadits bahwa penghalang antara mata jin dengan aurat manusia ketika mereka masuk kamar mandi adalah dengan membaca doa melepas pakaian sebagai berikut :

بِسْمِ ‌اللهِ

Latin : Bismillah

Arti : Dengan menyebut nama Allah.


[HR. Tirmidzi no. 606]

Apabila kita membaca doa melepas pakaian tersebut maka manfaatnya adalah aurat kita tidak bisa dilihat oleh jin. Maka dari itu, jangan sampai kita melupakan doa ini setiap kali kita melepas pakaian kita. Seandainya kita tahu ada jin yang melihat aurat kita tentu kita akan merasa malu, bukan?

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai doa memakai pakaian dan melepas pakaian beserta arti dan manfaatnya. Semoga bermanfaat. Amiin.

Related Posts :