Pengertian Sanad dan Matan Hadits Beserta Contohnya

Pengertian Sanad dan Matan Hadits

Pernahkah Anda mendengar istilah sanad dan matan? Sanad dan matan hadits adalah istilah yang populer dalam pembahasan ilmu hadits. Dalam kitab-kitab hadits, para penulis hadits selalu mencantumkan sanad dan matan hadits di setiap hadits yang mereka tulis. Tujuannya adalah agar para ahli hadits dapat meneliti dan mengecek keaslian hadits yang mereka tulis dalam buku-buku mereka.

Lantas, apa pengertian sanad dan matan hadits itu sendiri? Pada pembahasan kali ini kita akan membahas pengertian sanad dan matan hadits beserta contohnya.

DAFTAR ISI

A. Pengertian Sanad Hadits dan Contohnya

Apa pengertian sanad secara bahasa dan istilah? Berikut ini penjelasan singkat mengenai pengertian sanad hadits dan juga contohnya :

1. Pengertian Sanad Secara Bahasa dan Istilah

Sanad (arab : السند) secara bahasa berarti sandaran. Sedangkan pengertian sanad secara istilah menurut Syaikh Al-Utsaimin dalam kitabnya "Mushthalah Al-Hadits" adalah :

سلسلة ‌الرجال الموصلة للمتن

Rangkaian para periwayat hadits yang menghubungkan sampai kepada matan (redaksi) hadits.


[Mushthalah Al-Hadits : 18]

Dengan kata lain, sanad adalah rangkaian orang-orang yang meriwayatkan hadits dari periwayat hadits hingga para sahabat yang menerima hadits langsung dari Rasulullah .

2. Contoh Sanad Hadits

Perhatikan contoh hadits di bawah ini :

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ قَالَ: لَأُحَدِّثَنَّكُمْ حَدِيثًا لَا يُحَدِّثُكُمْ أَحَدٌ بَعْدِي، ‌سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ: مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يَقِلَّ الْعِلْمُ، وَيَظْهَرَ الْجَهْلُ، وَيَظْهَرَ الزِّنَا، وَتَكْثُرَ النِّسَاءُ، وَيَقِلَّ الرِّجَالُ، حَتَّى يَكُونَ لِخَمْسِينَ امْرَأَةً الْقَيِّمُ الْوَاحِدُ

Telah menceritakan kepada kami [Musaddad] berkata, telah menceritakan kepada kami [Yahya] dari [Syu'bah] dari [Qotadah] dari [Anas bin Malik] berkata : Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya di antara tanda-tanda kiamat adalah sedikitnya ilmu, tersebarnya kebodohan, tampaknya perzinaan, jumlah perempuan yang lebih banyak dan sedikitnya laki-laki, sampai-sampai (perbandingannya) lima puluh perempuan sama dengan hanya satu orang laki-laki.”


[HR. Bukhari]

Bagian yang berwarna merah pada hadits di atas disebut dengan istilah sanad.

Hadits di atas merupakan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Imam Bukhari mendapatkan hadits dari Musaddad. Musaddad mendapatkan hadits dari Yahya. Yahya mendapatkan hadits dari Syu’bah. Syu’bah mendapatkan hadits dari Qotadah. Qotadah mendapatkan hadits dari Anas. Anas mendapatkan (mendengar) hadits langsung dari lisan Rasulullah .

B. Pengertian Matan Hadits dan Contohnya

Apa pengertian matan secara bahasa dan istilah? Berikut ini penjelasan singkat mengenai pengertian matan hadits dan juga contohnya :

1. Pengertian Matan Secara Bahasa dan Istilah

Matan (arab : المتن) secara bahasa berarti tanah yang keras dan tinggi. Sedangkan pengertian matan secara istilah menurut Syaikh Al-Utsaimin dalam kitabnya "Mushthalah Al-Hadits" adalah :

ما ينتهي إليه السند من الكلام

Kalimat setelah berakhirnya sanad.


[Mushthalah Al-Hadits : 19]

Dengan kata lain, matan adalah redaksi hadits itu sendiri.

2. Contoh Matan Hadits

Perhatikan contoh hadits di bawah ini :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ: حَدَّثَنِي أَبُو التَّيَّاحِ، عَنْ أَنَسِ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: يَسِّرُوا وَلَا تُعَسِّرُوا وَبَشِّرُوا وَلَا تُنَفِّرُوا

Telah menceritakan kepada kami [Muhammad bin Bassyar] berkata, telah menceritakan kepada kami [Yahya bin Sa'id] berkata, telah menceritakan kepada kami [Syu'bah] Telah menceritakan kepadaku [Abu At-Tayyah] dari [Anas bin Malik] dari Nabi beliau bersabda: “Permudahlah dan jangan mempersulit, berilah kabar gembira dan jangan membuat mereka lari.”


[HR. Bukhari]

Bagian yang berwarna merah pada hadits di atas disebut dengan istilah matan hadits atau redaksi hadits.

C. Ringkasan Materi

  1. Pengertian Sanad
    • Sanad secara bahasa berarti sandaran.
    • Sanad secara istilah berarti rangkaian para periwayat hadits yang menghubungkan sampai kepada matan (redaksi) hadits.
  2. Pengertian Matan
    • Matan secara bahasa berarti tanah yang keras dan tinggi.
    • Matan secara istilah kalimat setelah berakhirnya sanad atau redaksi hadits.

D. Referensi

  • Mushthalah Al-Hadits : Syaikh Al-Utsaimin
  • Shahih Al-Bukhari : Imam Al-Bukhari

Related Posts :