Kisah Nabi Nuh Lengkap dari Lahir Sampai Wafat

Kisah Nabi Nuh Lengkap dari Lahir Sampai Wafat

Kisah Nabi Nuh adalah salah satu kisah Nabi yang sangat populer. Selain itu, kisah Nabi Nuh adalah kisah yang sangat sering diceritakan di dalam Al-Quran. Hal ini menunjukkan terdapat banyak sekali hikmah yang dapat diambil dari kisah Nabi Nuh yang dikisahkan di dalam Al-Quran. Seandainya tidak ada hikmah dibalik kisah Nabi Nuh maka tentunya tidak akan dikisahkan di dalam Al-Quran.

Pada artikel kali ini, kita akan mempelajari bersama bagaimana kisah Nabi Nuh lengkap dari lahir sampai wafat serta bagaimana perjuangan beliau ketika berdakwah kepada umatnya. Mudah-mudahan dengan ditulisnya artikel tentang kisah Nabi Nuh secara lengkap dari lahir sampai wafat dapat menambah ilmu kepada kita tentang hikmah-hikmah di balik kisah Nabi Nuh.

Nama dan Nasab Nabi Nuh

Nabi Nuh memiliki nama Nuh bin Lamik bin Mutawasy-syilakh bin Khanikh - Yaitu Idris - bin Yazid bin Malayil bin Qanin bin Anusy bin Syits bin Adam bapaknya seluruh manusia. Jarak antara Nabi Nuh dan Nabi Adam adalah ribuan tahun. Terdapat sejumlah generasi yang hidup dalam masa yang sangat panjang antara Nabi Nuh dengan Nabi Adam. Menurut Ibnu Katsir, jarak antara Nabi Nuh dan Nabi Adam adalah ribuan tahun.

Kisah Kaum Nabi Nuh Sebelum Diutusya Nabi Nuh

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa jarak antara Nabi Nuh dan Nabi Adam adalah ribuan tahun. Pada jarak rentang tersebut, orang-orang masih memeluk agama Islam dan menyembah Allah .

Namun, keadaan berubah drastis sejak orang-orang pada saat itu membuat patung bernama Wadd, Suwa', Yaghuts, Ya'uq, dan Nasr. Nama-nama patung tersebut merupakan nama-nama orang sholeh. Ketika orang-orang shaleh tersebut wafat, setan membisikkan kepada orang-orang untuk membuat patung orang-orang sholeh tersebut di majelis mereka.

Pada mulanya patung-patung tersebut belum disembah oleh mereka. Mereka membuat patung-patung tersebut dalam rangka mengenang mereka. Tujuannya adalah agar termotivasi dalam mencontoh ibadah mereka. Namun, ketika masuk generasi berikutnya dan ilmu mulai punah, maka patung-patung tersebut mulai disembah.

Iblis mendatangi mereka seraya berkata : "Dahulu, nenek moyang kalian menyembah patung-patung ini. Mereka juga meminta hujan melalui patung-patung ini." Maka mereka pun percaya dengan apa yang dikatakan oleh Iblis. Akhirnya mereka mulai menyembah patung-patung tersebut.

Menurut riwayat dari Abu Hatim, Wadd, Yaghuts, Suwa', dan Nasr adalah anak-anak Nabi Adam. Wadd adalah anak yang paling tua dan paling berbakti kepada Nabi Adam.

Wadd adalah orang yang sholih. Ia sangat dicintai oleh kaumnya. Tatkala ia meninggal, orang-orang berdiam diri di sekitar kuburannya di daerah Babilonia dan bersedih atas kepergiannya. Ketika Iblis melihat kesedihan mereka maka Iblis menjelma menjadi manusia dan berkata : "Saya melihat kalian sangat bersedih atas kepergian orang ini. Maukah aku buatkan sebuah patung yang menyerupainya, kemudian kalian letakkan di tempat perkumpulan agar kalian bisa mengenangnya?"

Mereka pun meletakkan patung itu di tempat perkumpulan mereka dan mereka selalu mengenangnya. Ketika itu Iblis berkata : "Maukah kalian aku buatkan patung yang menyerupainya yang dapat diletakkan di setiap rumah kalian agar kalian bisa mengenangnya?". Mereka menjawab : "Ya."

Ketika orang-orang mulai sering mendatangi patung itu dan mengingatnya, anak-anak mereka melihat apa yang mereka lakukan atas patung tersebut. Mereka pun terus menurunkan keturunan dan mengajarkan tata cara mengingat Wadd. Hingga pada akhirnya anak cucu mereka menyembah Wadd. Jadi patung yang disembah pertama kali adalah patung Wadd.

Kisah Nabi Nuh Diutus Menjadi Seorang Rosul

Manusia pada mulanya beragama Islam dan menyembah hanya kepada Allah. Namun, keadaan berubah drastis semenjak manusia membuat patung orang-orang sholeh. Awalnya, mereka membuat patung tersebut hanya untuk sekedar mengenang kebaikan dan kesholehan mereka. Tapi pada akhirnya mereka malah menyembah dan meminta pada patung-patung tersebut.

Atas dasar itulah Allah mengutus Nabi Nuh untuk memberantas penyembahan kepada selain Allah. Ia mendakwahkan manusia untuk beribadah hanya kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya, tidak menyamakan peribadatan kepada Allah dengan patung, berhala, dan thaghut, serta meyakini tidak ada yang berhak disembah selain Allah. Dikisahkan dalam Al-Quran :

لَقَدْ اَرْسَلْنَا نُوْحًا اِلٰى قَوْمِهٖ فَقَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗۗ اِنِّيْٓ اَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ عَظِيْمٍ ٥٩

Sungguh, Kami telah mengutus Nuh (sebagai rasul) kepada kaumnya, lalu ia berkata, "Wahai kaumku, sembahlah Allah (karena) tidak ada tuhan bagi kamu selain Dia." Sesungguhnya (kalau kamu tidak menyembah Allah) aku takut kamu akan ditimpa azab hari yang besar (hari Kiamat).


[QS. Al-A'raf ayat 59]

Namun, mereka tidak menerima dakwah tersebut dengan baik. Mereka justru mengolok-olok Nabi Nuh dan mengatakan bahwa Nabi Nuh adalah orang yang sesat. Dikisahkan dalam Al-Quran :

٥٩ قَالَ الْمَلَاُ مِنْ قَوْمِهٖٓ اِنَّا لَنَرٰىكَ فِيْ ضَلٰلٍ مُّبِيْنٍ ٦٠

Pemuka-pemuka dari kaumnya berkata, "Sesungguhnya kami benar-benar melihatmu (berada) dalam kesesatan yang nyata."


[QS. Al-A'raf ayat 60]

Meskipun demikian, Nabi Nuh tidak berhenti meyakinkan kepada mereka bahwa dirinya adalah seorang Rasul yang diutus oleh Tuhan semesta alam. Nabi Nuh berkata :

قَالَ يٰقَوْمِ لَيْسَ بِيْ ضَلٰلَةٌ وَّلٰكِنِّيْ رَسُوْلٌ مِّنْ رَّبِّ الْعٰلَمِيْنَ ٦١ اُبَلِّغُكُمْ رِسٰلٰتِ رَبِّيْ وَاَنْصَحُ لَكُمْ وَاَعْلَمُ مِنَ اللّٰهِ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ ٦٢ اَوَعَجِبْتُمْ اَنْ جَاۤءَكُمْ ذِكْرٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ عَلٰى رَجُلٍ مِّنْكُمْ لِيُنْذِرَكُمْ وَلِتَتَّقُوْا وَلَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ ٦٣

Dia (Nuh) menjawab, "Hai kaumku, tidak ada padaku kesesatan sedikit pun, tetapi aku adalah rasul dari Tuhan semesta alam. Aku sampaikan kepadamu risalah (amanat) Tuhanku dan aku memberi nasihat kepadamu. Aku mengetahui dari Allah apa yang tidak kamu ketahui. Apakah kamu (tidak percaya dan) heran bahwa telah datang kepada kamu peringatan dari Tuhanmu kepada seorang laki-laki dari golonganmu agar dia memberi peringatan kepadamu, agar kamu bertakwa, dan agar kamu mendapat rahmat?"


[QS. Al-A'raf ayat 61-63]

Kisah Ketika Nabi Nuh Mendakwahkan Kaumnya

Nabi Nuh sangatlah menyayangi kaumnya. Ia berdakwah kepada kaumnya tanpa henti. Tidaklah siang dan malam ia lewati kecuali untuk mengajak kaumnya untuk kembali kepada Allah. Dakwah dengan berbagai macam strategi pun ia lakukan demi mengajak kaumnya untuk kembali kepada Allah.

Dikisahkan dalam Al-Quran :

اِنَّآ اَرْسَلْنَا نُوْحًا اِلٰى قَوْمِهٖٓ اَنْ اَنْذِرْ قَوْمَكَ مِنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ ١ قَالَ يٰقَوْمِ اِنِّيْ لَكُمْ نَذِيْرٌ مُّبِيْنٌۙ ٢ اَنِ اعْبُدُوا اللّٰهَ وَاتَّقُوْهُ وَاَطِيْعُوْنِۙ ٣ يَغْفِرْ لَكُمْ مِّنْ ذُنُوْبِكُمْ وَيُؤَخِّرْكُمْ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّىۗ اِنَّ اَجَلَ اللّٰهِ اِذَا جَاۤءَ لَا يُؤَخَّرُۘ لَوْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ ٤

Sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya (dengan perintah), “Berilah peringatan kepada kaummu sebelum datang azab yang pedih kepadanya!” Dia (Nuh) berkata, “Wahai kaumku, sesungguhnya aku ini adalah seorang pemberi peringatan yang menjelaskan kepadamu, (yaitu) sembahlah Allah, bertakwalah kepada-Nya, dan taatlah kepadaku, niscaya Dia akan mengampuni sebagian dosa-dosamu dan menangguhkanmu (memanjangkan umurmu) sampai pada batas waktu yang ditentukan. Sesungguhnya ketetapan Allah itu, apabila telah datang, tidak dapat ditunda. Seandainya kamu mengetahui(-nya).”


[QS. Nuh ayat 1-4]

Namun, upaya yang ia lakukan justru tidak dihargai oleh kaumnya. Mereka kufur kepada seruan dan ajakan Nabi Nuh kepada Allah. Sikap mereka kepada Nabi Nuh bahkan sangat menyakitkan. Tatkala Nabi Nuh menyampaikan seruannya, mereka malah menutup telinga dengan jari mereka. Di antara mereka juga ada yang menutup kepala dengan bajunya. Mereka terus menunjukkan sikap tidak peduli dan sombong terhadap apa yang disampaikan oleh Nabi Nuh kepada mereka. Sampai-sampai, Nabi Nuh mengadu kepada Allah atas apa yang terjadi pada dirinya.

Dikisahkan dalam Al-Quran :

قَالَ رَبِّ اِنِّيْ دَعَوْتُ قَوْمِيْ لَيْلًا وَّنَهَارًاۙ ٥ فَلَمْ يَزِدْهُمْ دُعَاۤءِيْٓ اِلَّا فِرَارًا ٦ وَاِنِّيْ كُلَّمَا دَعَوْتُهُمْ لِتَغْفِرَ لَهُمْ جَعَلُوْٓا اَصَابِعَهُمْ فِيْٓ اٰذَانِهِمْ وَاسْتَغْشَوْا ثِيَابَهُمْ وَاَصَرُّوْا وَاسْتَكْبَرُوا اسْتِكْبَارًاۚ ٧ ثُمَّ اِنِّيْ دَعَوْتُهُمْ جِهَارًاۙ ٨ ثُمَّ اِنِّيْٓ اَعْلَنْتُ لَهُمْ وَاَسْرَرْتُ لَهُمْ اِسْرَارًاۙ ٩

Dia (Nuh) berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menyeru kaumku siang dan malam, tetapi seruanku itu tidak menambah (iman) mereka, melainkan mereka (makin) lari (dari kebenaran). Sesungguhnya setiap kali aku menyeru mereka (untuk beriman) agar Engkau mengampuni mereka, mereka memasukkan anak jarinya ke telinganya dan menutupkan bajunya (ke wajahnya). Mereka pun tetap (mengingkari) dan sangat menyombongkan diri. Kemudian, sesungguhnya aku menyeru mereka dengan cara terang-terangan. Lalu, aku menyeru mereka secara terbuka dan diam-diam.


[QS. Nuh ayat 5-9]

Meskipun demikian, Nabi Nuh tidak menyerah begitu saja atas keadaan tersebut. Ia bahkan menyampaikan janji dari Tuhannya bahwa jika mereka mau meminta ampun kepada Allah maka Allah akan memberikan kesejahteraan kepada negeri mereka.

Dikisahkan dalam Al-Quran :

٩ فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ اِنَّهٗ كَانَ غَفَّارًاۙ ١٠ يُّرْسِلِ السَّمَاۤءَ عَلَيْكُمْ مِّدْرَارًاۙ ١١ وَّيُمْدِدْكُمْ بِاَمْوَالٍ وَّبَنِيْنَ وَيَجْعَلْ لَّكُمْ جَنّٰتٍ وَّيَجْعَلْ لَّكُمْ اَنْهٰرًاۗ ١٢

Lalu, aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya Dia Maha Pengampun. (Jika kamu memohon ampun,) niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, memperbanyak harta dan anak-anakmu, serta mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu.”


[QS. Nuh ayat 10-12]

Kisah Nabi Nuh Berdebat dengan Kaumnya

Nabi Nuh tinggal bersama kaumnya dalam kurun waktu yang cukup lama. Ia tinggal bersama mereka selama 950 tahun. Dikisahkan dalam Al-Quran :

وَلَقَدْ اَرْسَلْنَا نُوْحًا اِلٰى قَوْمِهٖ فَلَبِثَ فِيْهِمْ اَلْفَ سَنَةٍ اِلَّا خَمْسِيْنَ عَامًا ۗفَاَخَذَهُمُ الطُّوْفَانُ وَهُمْ ظٰلِمُوْنَ ١٤

Sungguh, Kami benar-benar telah mengutus Nuh kepada kaumnya, lalu dia tinggal bersama mereka selama seribu tahun kurang lima puluh tahun. Kemudian, mereka dilanda banjir besar dalam keadaan sebagai orang-orang zalim.


[QS. Al-Ankabut ayat 14]

Pada kurun waktu yang cukup lama tersebut tentu banyak terjadi pergantian generasi. Setiap kali ganti generasi, mereka selalu berpesan kepada generasi berikutnya untuk tidak beriman kepada Nabi Nuh . Bahkan mereka juga berpesan untuk memerangi dan menghalang-halangi dakwah Nabi Nuh. Para orang tua pada saat itu juga banyak yang menasehati anaknya yang sudah dewasa untuk tidak beriman kepada Nabi Nuh.

Meskipun demikian, Nabi Nuh tidak menghentikan dakwah kepada kaumnya. Ia terus berdakwah dan berdakwah hingga terjadilah perdebatan yang berkepanjangan.

Suatu ketika, Nabi Nuh berdakwah kepada kaumnya untuk kembali beribadah kepada Allah. Dikisahkan dalam Al-Quran :

وَلَقَدْ اَرْسَلْنَا نُوْحًا اِلٰى قَوْمِهٖٓ اِنِّيْ لَكُمْ نَذِيْرٌ مُّبِيْنٌ ۙ ٢٥ اَنْ لَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّا اللّٰهَ ۖاِنِّيْٓ اَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ اَلِيْمٍ ٢٦

Sungguh, Kami benar-benar telah mengutus Nuh kepada kaumnya. (Dia berkata,) “Sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan yang nyata bagi kamu agar kamu tidak menyembah (sesuatu) kecuali Allah. Sesungguhnya aku khawatir bahwa kamu akan ditimpa azab (pada) hari yang (siksanya) sangat pedih.”


[QS. Hud ayat 25-26]

Bukannya beriman mereka justru mendebat Nabi Nuh . Mereka mengatakan bahwa Nabi Nuh hanyalah manusia biasa serta para pengikutnya pun dianggap sebagai orang-orang yang hina dan bodoh. Mereka beranggapan bahwa Nabi Nuh melakukan itu semua hanya ingin mencari kedudukan yang lebih mulia di hadapan mereka. Mereka juga mengatakan bahwa seharusnya Allah mengutus malaikat, bukan manusia biasa seperti Nuh. Bahkan mereka menganggap Nabi Nuh adalah pembohong dan orang gila.

Dikisahkan dalam Al-Quran :

فَقَالَ الْمَلَاُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ قَوْمِهٖ مَا نَرٰىكَ اِلَّا بَشَرًا مِّثْلَنَا وَمَا نَرٰىكَ اتَّبَعَكَ اِلَّا الَّذِيْنَ هُمْ اَرَاذِلُنَا بَادِيَ الرَّأْيِۚ وَمَا نَرٰى لَكُمْ عَلَيْنَا مِنْ فَضْلٍۢ بَلْ نَظُنُّكُمْ كٰذِبِيْنَ ٢٧

Maka, berkatalah para pemuka yang kufur dari kaumnya, “Kami tidak melihat engkau, melainkan hanyalah seorang manusia (biasa) seperti kami. Kami tidak melihat orang yang mengikuti engkau, melainkan orang-orang yang hina dina di antara kami yang lekas percaya begitu saja. Kami tidak melihat kamu memiliki suatu kelebihan apa pun atas kami, bahkan kami menganggap kamu adalah para pembohong.”


[QS. Hud ayat 27]

فَقَالَ الْمَلَؤُا الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ قَوْمِهٖ مَا هٰذَآ اِلَّا بَشَرٌ مِّثْلُكُمْۙ يُرِيْدُ اَنْ يَّتَفَضَّلَ عَلَيْكُمْۗ وَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ لَاَنْزَلَ مَلٰۤىِٕكَةً ۖمَّا سَمِعْنَا بِهٰذَا فِيْٓ اٰبَاۤىِٕنَا الْاَوَّلِيْنَ ۚ ٢٤ اِنْ هُوَ اِلَّا رَجُلٌۢ بِهٖ جِنَّةٌ فَتَرَبَّصُوْا بِهٖ حَتّٰى حِيْنٍ ٢٥

Maka, para pemuka orang-orang yang kufur dari kaumnya berkata, “Orang ini tidak lain hanyalah manusia seperti kamu. Dia ingin menjadi orang yang lebih mulia daripada kamu. Seandainya Allah berkehendak, tentu Dia akan mengutus malaikat. Belum pernah kami dengar (seruan seperti) ini pada (masa) nenek moyang kami dahulu. Dia hanyalah seorang laki-laki yang gila. Tunggulah dia sampai waktu yang ditentukan.”


[QS. Al-Mu'minun ayat 24-25]

Bantahan yang dilontarkan oleh para pemuka orang-orang kufur tentu merupakan bantahan yang tidak berdasar. Karena, meskipun Nabi Nuh hanyalah manusia biasa hal itu tidak menjadi penghalang jika senadainya Nabi Nuh memiliki bukti dan hujjah yang nyata dari Allah bahwa Nabi Nuh adalah benar-benar Nabi dan juga utusan-Nya.

Selain itu, statusnya sebagai manusia biasa juga tidak menjadi penghalang jika rahmat dan petunjuk Allah dianugerahkan kepada Nabi Nuh. Karena bisa jadi rahmat itu diberikan kepada Nabi Nuh dan pengikutnya akan tetapi tidak diberikan kepada mereka orang-orang yang kafir.

Bantahan Nabi Nuh ini dikisahkan dalam Al-Quran :

قَالَ يٰقَوْمِ اَرَءَيْتُمْ اِنْ كُنْتُ عَلٰى بَيِّنَةٍ مِّنْ رَّبِّيْ وَاٰتٰىنِيْ رَحْمَةً مِّنْ عِنْدِهٖ فَعُمِّيَتْ عَلَيْكُمْۗ اَنُلْزِمُكُمُوْهَا وَاَنْتُمْ لَهَا كٰرِهُوْنَ ٢٨

Dia (Nuh) berkata, “Wahai kaumku, apa pendapatmu jika aku mempunyai bukti yang nyata dari Tuhanku dan Dia menganugerahiku rahmat dari sisi-Nya, tetapi (rahmat itu) disamarkan bagimu? Apakah kami akan memaksamu untuk menerimanya, padahal kamu tidak menyukainya?


[QS. Hud ayat 28]

Demikian pula argumen mereka yang mengatakan bahwa Nabi Nuh tidak pantas untuk diikuti karena para pengikutnya adalah orang-orang yang hina, fakir, dan juga lemah. Karena jika para pembesar itu mengikuti Nabi Nuh maka sama saja mereka menghinakan diri mereka karena masuk pada komunitas orang-orang yang hina.

Lagi pula, Nabi Nuh juga tidak berdakwah dalam rangka meminta upah dari mereka. Tidak ada bedanya bagi Nabi Nuh baik itu orang kaya ataupun miskin. Semuanya ia ajak agar kembali kepada Allah . Hanya saja kebetulan pada saat itu pengikut Nabi Nuh didominasi oleh orang-orang yang lemah dan miskin.

Tidak mungkin juga ia mengusir para pengikutnya yang beriman agar para pembesar itu mau menjadi pengikut Nabi Nuh. Karena jika ia mengusirnya tentu Allah akan mengazab Nabi Nuh dan tidak ada yang bisa menolongnya.

Nabi Nuh pun juga sebenarnya bukanlah pemilik gudang rezekinya Allah. Karena itulah orang-orang miskin yang mengikuti Nabi Nuh juga bukan dalam rangka meminta harta kepada Nabi Nuh seperti yang dituduhkan oleh para pembesar orang-orang kafir.

Ia juga tidak mengetahui apakah para pengikutnya adalah orang munafik yang mengharapkan harta dari Nabi Nuh atau tidak. Karena Nabi Nuh pun juga tidak mengetahui hal yang ghaib dan ia bukanlah seorang malaikat. Ia bahkan tidak berani mengatakan jika para pengikutnya tidak akan diberikan kebaikan oleh Allah. Karena hanya Allah lah yang lebih mengetahui tentang niat mereka mengikuti Nabi Nuh .

Dikisahkan dalam Al-Quran :

وَيٰقَوْمِ لَآ اَسْـَٔلُكُمْ عَلَيْهِ مَالًاۗ اِنْ اَجْرِيَ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ وَمَآ اَنَا۠ بِطَارِدِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْاۗ اِنَّهُمْ مُّلٰقُوْا رَبِّهِمْ وَلٰكِنِّيْٓ اَرٰىكُمْ قَوْمًا تَجْهَلُوْنَ ٢٩ وَيٰقَوْمِ مَنْ يَّنْصُرُنِيْ مِنَ اللّٰهِ اِنْ طَرَدْتُّهُمْ ۗ اَفَلَا تَذَكَّرُوْنَ ٣٠ وَلَآ اَقُوْلُ لَكُمْ عِنْدِيْ خَزَاۤىِٕنُ اللّٰهِ وَلَآ اَعْلَمُ الْغَيْبَ وَلَآ اَقُوْلُ اِنِّيْ مَلَكٌ وَّلَآ اَقُوْلُ لِلَّذِيْنَ تَزْدَرِيْٓ اَعْيُنُكُمْ لَنْ يُّؤْتِيَهُمُ اللّٰهُ خَيْرًا ۗ اَللّٰهُ اَعْلَمُ بِمَا فِيْٓ اَنْفُسِهِمْ ۚاِنِّيْٓ اِذًا لَّمِنَ الظّٰلِمِيْنَ ٣١

Wahai kaumku, aku tidak meminta kepadamu harta (sedikit pun sebagai imbalan) atas seruanku. Imbalanku hanyalah dari Allah dan aku sekali-kali tidak akan mengusir orang-orang yang beriman. Sesungguhnya mereka akan bertemu dengan Tuhannya (di akhirat), tetapi aku memandangmu sebagai kaum yang bodoh. Wahai kaumku, siapakah yang akan menolongku dari (azab) Allah jika aku mengusir mereka (orang-orang yang beriman itu)? Apakah kamu tidak mengambil pelajaran? Aku tidak mengatakan kepadamu bahwa aku mempunyai perbendaharaan (rezeki) Allah. Aku tidak mengetahui yang gaib dan tidak (pula) mengatakan bahwa sesungguhnya aku adalah malaikat. Aku tidak (juga) mengatakan kepada orang-orang yang dipandang hina oleh penglihatanmu bahwa Allah tidak akan memberikan kebaikan kepada mereka. Allah lebih mengetahui apa yang ada pada diri mereka. Jika demikian, sesungguhnya aku benar-benar termasuk orang-orang yang zalim.”


[QS. Hud ayat 29-31]

Kisah Nabi Nuh Yang Mendapat Tantangan dan Ancaman Pembunuhan

Perdebatan antara Nabi Nuh dengan kaumnya berlangsung begitu lama. Namun, karena Nabi Nuh sangat cerdas dalam membantah syubhat-syubhat mereka maka mereka pun berputus asa dari perdebatan tersebut. Karena argumen yang mereka lontarkan sudah mentok, mereka pun menantang Nabi Nuh untuk mendatangkan azab yang ia janjikan untuk membuktikan kebenaran yang disampaikan oleh Nabi Nuh .

Dikisahkan dalam Al-Quran :

قَالُوْا يٰنُوْحُ قَدْ جَادَلْتَنَا فَاَ كْثَرْتَ جِدَالَنَا فَأْتِنَا بِمَا تَعِدُنَآ اِنْ كُنْتَ مِنَ الصّٰدِقِيْنَ ٣٢

Mereka berkata, “Wahai Nuh, sungguh engkau telah berbantah dengan kami dan engkau telah memperpanjang bantahanmu terhadap kami. Maka, datangkanlah kepada kami azab yang engkau ancamkan jika kamu termasuk orang-orang yang benar.”


[QS. Hud ayat 32]

Berharap Nabi Nuh menyerah terhadap tantangan tersebut, namun yang terjadi justru sebaliknya. Nabi Nuh berbalik menantang kaumnya bahwa azab itu akan benar-benar datang kepada mereka.

Dikisahkan dalam Al-Quran :

٢ قَالَ اِنَّمَا يَأْتِيْكُمْ بِهِ اللّٰهُ اِنْ شَاۤءَ وَمَآ اَنْتُمْ بِمُعْجِزِيْنَ ٣٣ وَلَا يَنْفَعُكُمْ نُصْحِيْٓ اِنْ اَرَدْتُّ اَنْ اَنْصَحَ لَكُمْ اِنْ كَانَ اللّٰهُ يُرِيْدُ اَنْ يُّغْوِيَكُمْ ۗهُوَ رَبُّكُمْ ۗوَاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَۗ ٣٤

Dia (Nuh) menjawab, “Sesungguhnya hanya Allah yang akan mendatangkannya (azab) kepadamu jika Dia menghendaki dan sekali-kali kamu tidak akan dapat melepaskan diri (darinya). Nasihatku tidak akan bermanfaat bagimu sekalipun aku ingin menasihatimu, sekiranya Allah hendak menyesatkan kamu. Dia adalah Tuhanmu dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan.”


[QS. Hud ayat 33-34]

Mendengar Nabi Nuh menyanggupi tantangan tersebut, orang-orang kafir pun kepanasan. Akhirnya mereka meminta Nabi Nuh untuk menghentikan dakwahnya dan mengancam akan membunuh Nabi Nuh jika tidak menghentikan dakwahnya.

Dikisahkan dalam Al-Quran :

قَالُوْا لَىِٕنْ لَّمْ تَنْتَهِ يٰنُوْحُ لَتَكُوْنَنَّ مِنَ الْمَرْجُوْمِيْنَۗ ١١٦

Mereka berkata, “Wahai Nuh, jika tidak berhenti (dalam berdakwah), niscaya engkau akan termasuk orang-orang yang dirajam.”


[QS. Asy-Syu'ara' ayat 116]

Meskipun demikian, Nabi Nuh tidak takut akan ancaman tersebut. Nabi Nuh yakin bahwa ada Allah yang berpihak kepadanya. Bahkan Nabi Nuh mempersilahkan kepada mereka untuk bersatu membunuhnya. Tidak perlulah mereka itu menyembunyikan rencana mereka untuk membunuh Nabi Nuh. Bahkan beliau menantang kepada mereka untuk segera mengeksekusi ancaman tersebut kepada dirinya tanpa ada rasa takut sedikitpun.

Dikisahkan dalam Al-Quran :

۞ وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَاَ نُوْحٍۘ اِذْ قَالَ لِقَوْمِهٖ يٰقَوْمِ اِنْ كَانَ كَبُرَ عَلَيْكُمْ مَّقَامِيْ وَتَذْكِيْرِيْ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ فَعَلَى اللّٰهِ تَوَكَّلْتُ فَاَجْمِعُوْٓا اَمْرَكُمْ وَشُرَكَاۤءَكُمْ ثُمَّ لَا يَكُنْ اَمْرُكُمْ عَلَيْكُمْ غُمَّةً ثُمَّ اقْضُوْٓا اِلَيَّ وَلَا تُنْظِرُوْنِ ٧١

Bacakanlah (sampaikanlah wahai Nabi Muhammad) kepada mereka berita penting (tentang) Nuh ketika dia berkata kepada kaumnya, “Wahai kaumku, jika terasa berat bagi kamu keberadaanku tinggal (bersamamu) dan peringatanku dengan ayat-ayat Allah, kepada Allahlah aku bertawakal. Oleh karena itu, bulatkanlah keputusanmu dan kumpulkanlah sekutu-sekutumu (untuk membinasakanku), selanjutnya janganlah keputusanmu itu dirahasiakan. Kemudian, bertindaklah terhadap diriku dan janganlah kamu tunda-tunda (tindakan itu) kepadaku.


[QS. Yunus ayat 72]

Kisah Nabi Nuh Mendoakan Celaka Bagi Kaumnya

Tuduhan demi tuduhan terus dilontarkan kepada Nabi Nuh selama beratus-ratus tahun lamanya. Rupanya kaum Nuh itu membuat hati Nabi Nuh bersedih dan berputus asa. Maka Allah pun memberikan motivasi kepada Nabi Nuh untuk melipur lara yang merundung dirinya. Dikisahkan dalam Al-Quran :

وَاُوْحِيَ اِلٰى نُوْحٍ اَنَّهٗ لَنْ يُّؤْمِنَ مِنْ قَوْمِكَ اِلَّا مَنْ قَدْ اٰمَنَ فَلَا تَبْتَىِٕسْ بِمَا كَانُوْا يَفْعَلُوْنَۖ

Diwahyukan (oleh Allah) kepada Nuh, “(Ketahuilah) bahwa tidak akan beriman di antara kaummu, kecuali orang yang benar-benar telah beriman. Maka, janganlah engkau bersedih atas apa yang selalu mereka perbuat.


[QS. Hud ayat 36]

Nabi Nuh tidak melihat adanya kebaikan dan kemaslahatan pada kaumnya. Sudah berbagai macam cara beliau lakukan untuk mengajak kaumnya kepada Allah baik itu di siang hari maupun malam hari. Namun, apa yang mereka lakukan justru kelewat batas. Mereka menentang, menuduh, mendustakan, bahkan mengancam Nabi Nuh dengan berbagai ancaman jika meneruskan dakwahnya. Pada akhirnya Nabi Nuh pun berdoa kepada Allah agar memenangkan dirinya serta memusnahkan orang-orang kafir dan tidak membiarkan mereka itu tinggal di atas muka bumi. Dikisahkan dalam Al-Quran :

فَدَعَا رَبَّهٗٓ اَنِّيْ مَغْلُوْبٌ فَانْتَصِرْ ١٠

Dia (Nuh) lalu mengadu kepada Tuhannya, “Sesungguhnya aku telah dikalahkan, maka tolonglah (aku).”


[QS. Al-Qomar ayat 10]

وَقَالَ نُوْحٌ رَّبِّ لَا تَذَرْ عَلَى الْاَرْضِ مِنَ الْكٰفِرِيْنَ دَيَّارًا ٢٦ اِنَّكَ اِنْ تَذَرْهُمْ يُضِلُّوْا عِبَادَكَ وَلَا يَلِدُوْٓا اِلَّا فَاجِرًا كَفَّارًا ٢٧

Nuh berkata, “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan seorang pun di antara orang-orang kafir itu tinggal di atas bumi. Sesungguhnya jika Engkau biarkan mereka tinggal, niscaya mereka akan menyesatkan hamba-hamba-Mu. Mereka pun hanya akan melahirkan anak-anak yang jahat dan tidak tahu bersyukur.


[QS. Nuh ayat 26]

Kisah Nabi Nuh Membuat Bahtera

Setelah Nabi Nuh berjuang cukup keras mendakwahkan kaumnya hingga berputus asa dari mereka dan ia berdoa kepada Allah agar memusnahkan mereka, maka akhirnya Allah mengabulkan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Nuh . Allah memerintahkan kepada Nabi Nuh untuk membuat sebuah bahtera dengan bimbingan-Nya. Setelah bahtera itu dibuat, Allah hendak menenggelamkan orang-orang kafir itu dengan banjir yang dahsyat.

Allah juga telah menegaskan bahwa ketika Allah telah memutuskan untuk mengazab mereka maka Allah tidak akan menarik kembali keputusan-Nya itu. Karena bisa jadi di kemudian hari hati beliau menjadi berubah merasa iba membayangkan penderitaan yang akan dirasakan oleh kaumnya akibat azab yang begitu dahsyat.

Dikisahkan dalam Al-Quran :

وَاصْنَعِ الْفُلْكَ بِاَعْيُنِنَا وَوَحْيِنَا وَلَا تُخَاطِبْنِيْ فِى الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا ۚاِنَّهُمْ مُّغْرَقُوْنَ ٣٧

Buatlah bahtera dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami dan janganlah engkau bicarakan (lagi) dengan-Ku tentang (nasib) orang-orang yang zalim. Sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.”


[QS. Hud ayat 37]

Setelah Nabi Nuh mendapatkan perintah untuk membuat bahtera maka dibuatlah bahtera itu oleh Nabi Nuh berdasarkan bimbingan dari Allah. Nabi Nuh membuat bahtera tersebut dari papan dan paku yang ditancapkan. Belum ada bahtera seperti itu sebelumnya ataupun sesudahnya.

Konon bahtera itu sangatlah besar. Bahtera tersebut terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar untuk menampung berbagai jenis binatang, lantai tengah untuk menampung orang-orang, dan lantai atas untuk menampung burung-burung.

Ketika Allah mengabulkan doa Nabi Nuh, Allah memerintahkan kepada Nabi Nuh untuk menanam pohon sebagai persiapan bahan untuk membuat bahtera. Kemudian, beliau menanam pohon tersebut dan menunggu selama seratus tahun. Setelah seratus tahun, beliau memotong-motong pohon tersebut dan menjadikannya sebagai bahan untuk membuat bahtera.

Tatkala Nabi Nuh mulai membuat bahtera, setiap para pimpinan kaumnya berjalan melewati Nabi Nuh maka mereka mengejeknya. Hal ini dikarenakan azab yang dijanjikan oleh Nabi Nuh tampak semakin mustahil dan jauh dari kenyataan. Dikisahkan dalam Al-Quran :

وَيَصْنَعُ الْفُلْكَۗ وَكُلَّمَا مَرَّ عَلَيْهِ مَلَاٌ مِّنْ قَوْمِهٖ سَخِرُوْا مِنْهُ

Mulailah dia (Nuh) membuat bahtera itu. Setiap kali para pemuka kaumnya berjalan melewatinya, mereka mengejeknya.


[QS. Hud ayat 38]

Apa yang mereka ejekkan kepada Nabi Nuh tentu tidaklah pantas. Nabi Nuh pun menjawab bahwa justru merekalah yang lebih pantas untuk diejek. Karena mereka tidak mau beriman kepada Allah dan Nabi Nuh. Sehingga Allah akan timpakan azab yang pedih kepada mereka. Dikisahkan dalam Al-Quran :

قَالَ اِنْ تَسْخَرُوْا مِنَّا فَاِنَّا نَسْخَرُ مِنْكُمْ كَمَا تَسْخَرُوْنَۗ ٣٨ فَسَوْفَ تَعْلَمُوْنَۙ مَنْ يَّأْتِيْهِ عَذَابٌ يُّخْزِيْهِ وَيَحِلُّ عَلَيْهِ عَذَابٌ مُّقِيْمٌ ٣٩

Dia (Nuh) berkata, “Jika kamu mengejek kami, sesungguhnya kami pun akan mengejekmu sebagaimana kamu mengejek (kami). Maka, kelak kamu mengetahui siapa (di antara kita) yang akan ditimpa azab yang menghinakan dan (siapa pula) yang akan ditimpa azab yang kekal.”


[QS. Hud ayat 38-39]

Kisah Nabi Nuh Mengangkut Pengikutnya Ke Atas Bahtera

Setelah Nabi Nuh menyelesaikan perintah Allah untuk membuat bahtera maka terjadilah apa yang terjadi. Permukaan bumi yang semula kering tiba-tiba memancarkan air yang cukup deras. Demikian pula langit yang semula tidak pernah turun hujan tiba-tiba terjadi hujan yang sangat deras.

Dikisahkan dalam Al-Quran :

فَفَتَحْنَآ اَبْوَابَ السَّمَاۤءِ بِمَاۤءٍ مُّنْهَمِرٍۖ ١١ وَّفَجَّرْنَا الْاَرْضَ عُيُوْنًا فَالْتَقَى الْمَاۤءُ عَلٰٓى اَمْرٍ قَدْ قُدِرَ ۚ ١٢

Lalu, Kami membukakan pintu-pintu langit dengan (menurunkan) air yang tercurah. Kami pun menjadikan bumi menyemburkan banyak mata air. Maka, berkumpullah semua air itu sehingga (meluap dan menimbulkan) bencana yang telah ditetapkan.


[QS. Al-Qomar ayat 11-12]

Oleh karena kejadian itu, Allah perintahkan kepada Nabi Nuh untuk mengangkut semua jenis binatang secara berpasangan ke dalam bahtera. Demikian pula tumbuh-tumbuhan dan pepohonan serta makhluk hidup yang lainnya agar tetap lestari.

Beliau juga diperintahkan untuk mengangkut anggota keluarganya kecuali yang kafir dan tidak mau menerima dakwah Islam. Allah juga mewajibkan Nabi Nuh untuk merelakan azab yang tidak dapat terelakkan lagi. Allah juga memerintahkan kepadanya untuk tidak berubah pikiran terhadap keputusan akan datangnya azab yang pedih bagi kaumnya.

Dikisahkan dalam Al-Quran :

حَتّٰىٓ اِذَا جَاۤءَ اَمْرُنَا وَفَارَ التَّنُّوْرُۙ قُلْنَا احْمِلْ فِيْهَا مِنْ كُلٍّ زَوْجَيْنِ اثْنَيْنِ وَاَهْلَكَ اِلَّا مَنْ سَبَقَ عَلَيْهِ الْقَوْلُ وَمَنْ اٰمَنَ ۗوَمَآ اٰمَنَ مَعَهٗٓ اِلَّا قَلِيْلٌ ٤٠

(Demikianlah,) hingga apabila perintah Kami datang (untuk membinasakan mereka) dan tanur (tungku) telah memancarkan air, Kami berfirman, “Muatkanlah ke dalamnya (bahtera itu) dari masing-masing (jenis hewan) sepasang-sepasang (jantan dan betina), keluargamu kecuali orang yang telah terkena ketetapan terdahulu (akan ditenggelamkan), dan (muatkan pula) orang yang beriman.” Ternyata tidak beriman bersamanya (Nuh), kecuali hanya sedikit.


[QS. Hud ayat 40]

Setelah itu, Nabi Nuh pun mulai memerintahkan kaumnya untuk naik ke atas bahtera dan memerintahkan mereka untuk menyebut bismillah. Dikisahkan dalam Al-Quran :

۞ وَقَالَ ارْكَبُوْا فِيْهَا بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا ۗاِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ٤١

Dia (Nuh) berkata, “Naiklah kamu semua ke dalamnya (bahtera) dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya! Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Sebagian ulama menyebutkan bahwa jenis burung yang diangkut pertama kali adalah kakatua. Sedangkan jenis hewan yang terakhir masuk adalah keledai. Adapun Iblis masuk ke dalam bahtera dengan bergelantung kepada ekor keledai.

Para ulama juga berbeda pendapat mengenai jumlah orang yang ikut bersama Nabi Nuh ke atas bahtera. Sebagian mengatakan 80 orang, sebagian 72 orang, bahkan ada yang mengatakan hanya 10 orang yang naik bersama Nabi Nuh. Yang jelas, jumlah orang yang beriman kepada Nabi Nuh dan naik ke atas bahtera hanyalah sedikit.

Setelah Nabi Nuh, orang-orang beriman yang mengikutinya, hewan-hewan, dan tumbuh-tumbuhan telah naik ke atas bahtera maka Allah memerintahkan kepada Nabi Nuh untuk memuji Allah yang telah menundukkan kapal baginya agar Nabi Nuh dan pengikutnya selamat hingga banjir mereda. Dikisahkan dalam Al-Quran :

فَاِذَا اسْتَوَيْتَ اَنْتَ وَمَنْ مَّعَكَ عَلَى الْفُلْكِ فَقُلِ الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ نَجّٰىنَا مِنَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ ٢٨ وَقُلْ رَّبِّ اَنْزِلْنِيْ مُنْزَلًا مُّبٰرَكًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِيْنَ ٢٩

Apabila engkau dan orang yang bersamamu telah berada di atas kapal, ucapkanlah, ‘Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari kaum yang zalim.’ Berdoalah, ‘Wahai Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi tempat.’


[QS. Al-Mu'minun ayat 28-29]

Kisah Anak Nabi Nuh Yang Tidak Mau Naik Ke Atas Bahtera

Hujan dan pancaran mata air yang tak kunjung berhenti membuat air terus bergerak naik dan meninggi. Orang-orang yang masih berada di daratan pun berduyun-duyun memenuhi wilayah dataran tinggi dan pegunungan untuk menyelamatkan diri. Ternyata, salah satu di antara mereka yang masih di daratan adalah anak Nabi Nuh yang bernama Yam.

Yam merupakan saudara kandung dari Sam, Ham dan Yafits. Pada saat azab tiba, Yam termasuk salah satu orang yang tidak naik ke atas bahtera bersama ayahnya. Hal ini dikarenakan Yam mengingkari ajaran agama ayahnya dan ia termasuk orang-orang yang Allah timpakan azab.

Tatkala air bah telah meninggi, sementara Yam masih berada di daratan yang jauh terpencil, Nabi Nuh merasa iba dengan kondisi anaknya yang tidak mau beriman. Maka dari itu, Nabi Nuh pun memanggil anaknya untuk naik ke atas bahtera bersamanya, "Wahai anakku, naiklah ke kapal bersama kami dan janganlah kamu bersama orang-orang kafir!".

Namun, bukannya menuruti perintah ayahnya, Yam malah mencari gunung untuk menyelamatkan diri dari air bah yang semakin meninggi, "Aku akan mencari perlindungan ke gunung yang dapat melindungi diriku dari air Bah!" Teriak Yam.

Padahal, hanya Allah lah yang mampu menyelamatkan dari azab pada hari itu. Maka dari itu, Nuh pun berkata, "Tidak ada yang dapat melindungi pada hari ini dari azab Allah selain Allah yang Maha Penyayang." Ujar Nabi Nuh kepada anaknya.

Tiba-tiba terjadilah gelombang air yang sangat dahsyat. Gelombang itu membuat mereka terpisah dan tidak bisa berkomunikasi lagi. Sementara itu, hujan terus turun dan mata air terus memancarkan airnya. Hal tersebut membuat air bah terus meninggi hingga menenggelamkan seluruh daratan di muka bumi tanpa terkecuali. Akhirnya, Yam pun tenggelam dan tidak terselamatkan dari azab Allah.

Dikisahkan dalam Al-Quran :

وَهِيَ تَجْرِيْ بِهِمْ فِيْ مَوْجٍ كَالْجِبَالِۗ وَنَادٰى نُوْحُ ِۨابْنَهٗ وَكَانَ فِيْ مَعْزِلٍ يّٰبُنَيَّ ارْكَبْ مَّعَنَا وَلَا تَكُنْ مَّعَ الْكٰفِرِيْنَ ٤٢ قَالَ سَاٰوِيْٓ اِلٰى جَبَلٍ يَّعْصِمُنِيْ مِنَ الْمَاۤءِ ۗقَالَ لَا عَاصِمَ الْيَوْمَ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ اِلَّا مَنْ رَّحِمَ ۚوَحَالَ بَيْنَهُمَا الْمَوْجُ فَكَانَ مِنَ الْمُغْرَقِيْنَ ٤٣

Bahtera itu berlayar membawa mereka dalam gelombang laksana gunung-gunung. Nuh memanggil anaknya, sedang dia (anak itu) berada di tempat (yang jauh) terpencil, “Wahai anakku, naiklah (ke bahtera) bersama kami dan janganlah engkau bersama orang-orang kafir.” Dia (anaknya) menjawab, “Aku akan berlindung ke gunung yang dapat menyelamatkanku dari air (bah).” (Nuh) berkata, “Tidak ada penyelamat pada hari ini dari ketetapan Allah kecuali siapa yang dirahmati oleh-Nya.” Gelombang menjadi penghalang antara keduanya, maka jadilah dia (anak itu) termasuk orang-orang yang ditenggelamkan.


[QS. Hud ayat 42-43]

Kisah Kapal Nabi Nuh Berlabuh Ke Gunung Al-Judiy

Nabi Nuh berada di dalam kapal bersama 80 orang beserta keluarganya masing-masing. Mereka berada di dalam kapal selama 150 hari. Allah mengarahkan kapal itu ke Mekah lalu kapal itu berputar-putar mengelilingi baitullah selama empat puluh hari. Setelah itu, Allah mengarahkan kapal tersebut ke bukit Al-Judiy hingga akhirnya berlabuh di bukit tersebut.

Lalu, Allah memerintahkan bumi untuk menelan air bah tersebut dan memerintahkan langit untuk menghentikan turunnya hujan. Dikisahkan dalam Al-Quran :

وَقِيْلَ يٰٓاَرْضُ ابْلَعِيْ مَاۤءَكِ وَيٰسَمَاۤءُ اَقْلِعِيْ وَغِيْضَ الْمَاۤءُ وَقُضِيَ الْاَمْرُ وَاسْتَوَتْ عَلَى الْجُوْدِيِّ وَقِيْلَ بُعْدًا لِّلْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ ٤٤

Difirmankan (oleh Allah), “Wahai bumi, telanlah airmu dan wahai langit, berhentilah (mencurahkan hujan).” Air pun disurutkan dan urusan (pembinasaan para pendurhaka) pun diselesaikan dan (kapal itu pun) berlabuh di atas gunung Judiy, dan dikatakan, “Kebinasaanlah bagi kaum yang zalim.”


[QS. Hud ayat 44]

Tatkala kapal itu mulai berlabuh ke arah bukit Al-Judiy dan air mulai surut secara perlahan, tiba-tiba Nabi Nuh teringat dengan anaknya, Yam yang tenggelam. Maka, Nabi Nuh pun mengadu kepada Allah perihal anaknya yang ditenggelamkan bersama orang-orang kafir :

وَنَادٰى نُوْحٌ رَّبَّهٗ فَقَالَ رَبِّ اِنَّ ابْنِيْ مِنْ اَهْلِيْۚ وَاِنَّ وَعْدَكَ الْحَقُّ وَاَنْتَ اَحْكَمُ الْحٰكِمِيْنَ ٤٥

Nuh memohon kepada Tuhannya seraya berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya anakku adalah termasuk keluargaku dan sesungguhnya janji-Mu itu pasti benar. Engkau adalah hakim yang paling adil.”


[QS. Hud ayat 45]

Nabi Nuh mengadu demikian karena merasa bahwa Allah berjanji akan menyelamatkan keluarganya. Nabi Nuh lupa bahwa keluarga yang dimaksud adalah keluarganya yang beriman kepada Allah. Oleh karena itu dengan tegas Allah menjawab :

قَالَ يٰنُوْحُ اِنَّهٗ لَيْسَ مِنْ اَهْلِكَ ۚاِنَّهٗ عَمَلٌ غَيْرُ صَالِحٍ فَلَا تَسْـَٔلْنِ مَا لَيْسَ لَكَ بِهٖ عِلْمٌ ۗاِنِّيْٓ اَعِظُكَ اَنْ تَكُوْنَ مِنَ الْجٰهِلِيْنَ ٤٦

Dia (Allah) berfirman, “Wahai Nuh, sesungguhnya dia bukanlah termasuk keluargamu karena perbuatannya sungguh tidak baik. Oleh karena itu, janganlah engkau memohon kepada-Ku sesuatu yang tidak engkau ketahui (hakikatnya). Sesungguhnya Aku menasihatimu agar engkau tidak termasuk orang-orang bodoh.”


[QS. Hud ayat 46]

Nabi Nuh menjawab :

قَالَ رَبِّ اِنِّيْٓ اَعُوْذُ بِكَ اَنْ اَسْـَٔلَكَ مَا لَيْسَ لِيْ بِهٖ عِلْمٌ ۗوَاِلَّا تَغْفِرْ لِيْ وَتَرْحَمْنِيْٓ اَكُنْ مِّنَ الْخٰسِرِيْنَ ٤٧

(Nuh) berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu untuk memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui (hakikatnya). Kalau Engkau tidak mengampuniku dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku termasuk orang-orang yang merugi.”


[QS. Hud ayat 47]

Setelah air mulai surut, Nabi Nuh mengutus burung gagak untuk mencari informasi tentang keadaan daratan yang sebenarnya. Burung gagak itu pun berangkat melaksanakan tugasnya hingga menemukan bangkai lalu ia hinggap di atasnya.

Nabi Nuh juga mengutus burung merpati untuk mencari informasi tentang keadaan daratan. Lalu burung itu pun kembali dengan membawa daun zaitun dan kakinya berlumuran tanah lumpur.

Dengan demikian, Nabi Nuh menyimpulkan bahwa air telah surut. Selanjutnya, Nabi Nuh turun ke bawah bukit Al-Judi. Di bukti itulah beliau membangun sebuah negeri yang diberi nama Tsamanin yang artinya adalah delapan puluh.

Setelah negeri berkembang cukup lama, bahasa pun juga mengalami perkembangan menjadi 80 bahasa yang salah satunya adalah bahasa Arab. Banyaknya bahasa tersebut membuat sebagian mereka tidak memahami bahasa sebagian yang lain. Namun, Nabi Nuh sendiri mampu berbicara dengan ragam bahasa mereka.

Dikisahkan dalam Al-Quran :

قِيْلَ يٰنُوْحُ اهْبِطْ بِسَلٰمٍ مِّنَّا وَبَرَكٰتٍ عَلَيْكَ وَعَلٰٓى اُمَمٍ مِّمَّنْ مَّعَكَ ۗوَاُمَمٌ سَنُمَتِّعُهُمْ ثُمَّ يَمَسُّهُمْ مِّنَّا عَذَابٌ اَلِيْمٌ ٤٨

Dikatakan (melalui wahyu), “Wahai Nuh, turunlah (dari bahteramu) dengan penuh keselamatan dari Kami dan penuh keberkahan atasmu serta umat-umat (mukmin) yang bersamamu. Ada pula umat-umat (kafir) yang Kami beri kesenangan (dalam kehidupan dunia), kemudian mereka akan ditimpa azab dari Kami yang sangat pedih.”


[QS. Hud ayat 48]

Kisah Nabi Nuh Wafat dan Wasiat Kepada Anak-anaknya

Tatkala Nabi Nuh mendekati wafatnya, ia berwasiat kepada anaknya :

"Sesungguhnya aku berwasiat kepadamu dengan dua perintah dan dua larangan."

"Aku perintahkan kamu untuk meyakini "لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ" (tidak ada yang berhak di sembah kecuali Allah.)"

"Sesungguhnya apabila tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi diletakkan di satu sisi timbangan dan "لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ" diletakkan di sisi satunya niscaya "لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ" lebih berat timbangannya."

"Seandainya tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi adalah himpunan makhluk hidup maka niscaya kalimat لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ, dan سُبْحَانَ اللهِ، وَبِحَمْدِهِ akan menghimpunnya."

"Sesungguhnya kalimat tersebut adalah yang menjalin segala sesuatu, dan dengan kalimat itulah seluruh makhluk diberi rezeki"

"Dan aku melarangmu dari berbuat syirik dan sombong."

Setelah Nabi Nuh berwasiat maka Nabi Nuh pun wafat. Menurut beberapa riwayat disebutkan bahwa Nabi Nuh dimakamkan di Masjidil Haram.

Demikianlah kisah Nabi Nuh lengkap dari lahir sampai wafat. Semoga kita dapat mengambil hikmah dan meneladani perjuangan Nabi Nuh yang berjuang mendakwahkan Islam kepada kaumnya. Amiin

Refrensi

  • Qashashul Anbiya' oleh Ibnu Katsir
  • Al-Mustafad min Qashashil Quran oleh DR. Abdul Karim Zaidan

Related Posts :