6 Metode Menghafal Al-Quran Paling Cepat dan Efektif

Metode Menghafal Al-Quran

Manakah metode menghafal Al-Quran yang paling cepat dan efektif? Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para penghafal Al-Quran pemula. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas 6 metode menghafal Al-Quran paling cepat dan paling efektif yang digunakan oleh para penghafal Al-Quran di seluruh dunia.

DAFTAR ISI

A. Metode Menghafal Al-Quran ditinjau dari Cara Menghafal

Jika ditinjau dari cara menghafalkan ayat demi ayat, ada tiga metode menghafal Al-Quran yang paling efektif, di antaranya adalah :

  1. Metode Mendengar
  2. Metode Membaca
  3. Metode Menulis

Berikut rincian ketiga metode tersebut :

1. Metode Mendengar

Metode mendengar adalah metode menghafal Al-Quran dengan mendengarkan ayat dari bacaan guru ataupun rekaman audio bacaan Al-Quran. Berikut langkah-langkah menghafalkan Al-Quran dengan metode mendengar :

  1. Dengarkan bacaan ayat yang hendak Anda hafalkan dengan seksama. Bila perlu, dengarkan ayat tersebut secara berulang-ulang.
  2. Cobalah untuk menirukan bacaan ayat tersebut.
  3. Jika Anda masih belum bisa menirukan bacaan ayat tersebut dengan sempurna, ulangi lagi dari langkah pertama dan kedua hingga Anda benar-benar hafal.

2. Metode Membaca

Metode membaca adalah metode menghafal Al-Quran dengan membaca langsung dari mushaf Al-Quran. Berikut langkah-langkah menghafalkan Al-Quran dengan metode membaca :

  1. Bacalah ayat yang hendak Anda hafalkan langsung dari mushaf Al-Quran. Bila perlu, bacalah ayat tersebut secara berulang-ulang.
  2. Cobalah untuk mengulangi bacaan ayat tersebut tanpa melihat mushaf.
  3. Jika Anda masih belum bisa mengulang bacaan ayat tanpa membaca mushaf dengan sempurna, ulangi lagi dari langkah pertama dan kedua hingga Anda benar-benar hafal.

3. Metode Menulis

Metode menulis adalah metode menghafal Al-Quran dengan menuliskan ayat yang hendak dihafalkan terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah menghafalkan Al-Quran dengan metode menulis :

  1. Tulislah ayat yang hendak Anda hafalkan di secarik kertas.
  2. Bacalah ayat tersebut secara berulang-ulang.
  3. Cobalah untuk mengulangi bacaan ayat tersebut tanpa melihat tulisan.
  4. Jika Anda masih belum bisa mengulang bacaan ayat tanpa melihat tulisan dengan sempurna, ulangi lagi dari langkah kedua dan ketiga hingga Anda benar-benar hafal.

B. Metode Menghafal Al-Quran ditinjau dari Cara Menggabungkan Ayat

Jika ditinjau dari cara menggabungkan ayat demi ayat, ada tiga metode menghafal Al-Quran yang paling efektif, di antaranya adalah :

  1. Metode Berantai
  2. Metode Penggabungan
  3. Metode Pembagian

Sebelum menerapkan metode penggabungan, tentukan terlebih dahulu jumlah ayat yang hendak dihafal dalam sehari. Berikut beberapa tips dalam menentukan jumlah ayat yang hendak dihafal dalam sehari :

  • Jika ayatnya panjang-panjang dan jumlahnya banyak seperti surat Al-Baqoroh, Ali Imran, An-Nisa', dsb, sebaiknya menghafalkan 1-2 halaman dalam sehari.
  • Jika ayatnya panjang-panjang dan jumlahnya sedikit seperti surat-surat di juz 28, 26, dan 25, sebaiknya menghafal 1-2 halaman atau 1 surat dalam sehari.
  • Jika ayatnya pendek-pendek dan jumlahnya banyak seperti surat Ash-Shaffat, Shaad, Asy-Syu'ara', dsb, sebaiknya menghafalkan 10-20 ayat atau 1 halaman dalam sehari.
  • Jika ayatnya pendek-pendek dan tidak terlalu banyak seperti surat-surat di juz 29 dan 27, sebaiknya menghafal 10-20 ayat atau 1 surat dalam sehari.
  • Jika ayatnya pendek-pendek dan jumlahnya sedikit (kurang dari 1 halaman), sebaiknya menghafal 1-3 surat dalam sehari.

Setelah itu, barulah Anda terapkan salah satu dari metode berikut ini yang menurut Anda paling cocok bagi Anda :

1. Metode Berantai

Metode berantai adalah metode menghafal Al-Quran dengan menghafal ayat satu demi satu dengan menggabungkannya secara berantai. Berikut langkah-langkah menghafal dengan metode berantai :

  1. Hafalkan ayat pertama.
  2. Hafalkan ayat kedua.
  3. Gabungkan hafalan ayat pertama dan ayat kedua hingga benar-benar hafal.
  4. Hafalkan ayat ketiga.
  5. Gabungkan hafalan ayat pertama sampai ketiga hingga benar-benar lancar.
  6. Hafalkan ayat keempat.
  7. Gabungkan hafalan ayat pertama sampai keempat hingga benar-benar hafal.
  8. Begitu seterusnya hingga selesai menghafal satu surat atau satu halaman.

2. Metode Penggabungan

Metode penggabungan adalah metode menghafal Al-Quran dengan menggabungkan seluruh ayat setelah semua ayat dalam satu surat atau satu halaman selesai dihafalkan setiap ayatnya satu-persatu. Berikut langkah-langkah metode penggabungan :

  1. Hafalkan ayat pertama.
  2. Hafalkan ayat kedua.
  3. Hafalkan ayat ketiga.
  4. Begitu seterusnya hingga selesai menghafal seluruh ayat dalam satu surat atau satu halaman.
  5. Setelah selesai, barulah gabungkan ayat pertama sampai terakhir hingga benar-benar hafal.

3. Metode Pembagian

Metode pembagian adalah metode menghafal Al-Quran dengan menghafal dengan membagi satu surat atau satu halaman menjadi tiga bagian lalu menggabungkannya menjadi satu secara berantai. Berikut langkah-langkah metode pembagian :

  1. Bagilah satu surat atau satu halaman menjadi beberapa bagian (misalkan empat bagian).
  2. Hafalkan bagian pertama.
  3. Hafalkan bagian kedua.
  4. Gabungkan hafalan bagian pertama dan bagian kedua hingga benar-benar hafal.
  5. Hafalkan bagian ketiga.
  6. Gabungkan hafalan bagian pertama sampai bagian ketiga hingga benar-benar hafal.
  7. Hafalkan bagian keempat.
  8. Gabungkan hafalan bagian pertama sampai bagian keempat hingga benar-benar hafal.

Catatan : setiap metode pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Metode yang berhasil bagi orang lain belum tentu berhasil untuk Anda. Oleh karena itu, berikut beberapa saran agar Anda dapat menemukan metode yang paling efektif untuk Anda :

  • Carilah guru yang berpengalaman sebagai pembimbing Anda dalam menghafal Al-Quran.
  • Teruslah bereksperimen terhadap metode-metode yang ada serta melakukan evaluasi hingga menemukan metode yang paling efektif untuk Anda (try and error).
  • Bila perlu, kombinasikan dan variasikan metode-metode di atas hingga Anda menemukan metode versi Anda sendiri.

C. Tips-tips Menghafalkan Al-Quran

  • Pilihlah waktu yang tepat, misalnya setelah subuh atau satu jam sebelum tidur.
  • Pilihlah tempat dengan suasana yang kondusif, misalnya kamar pribadi.
  • Sebaiknya, hindari menghafal setelah melakukan aktivitas berat, misalnya menghafal ketika baru pulang kerja. Jika tidak ada waktu lain, beristirahatlah terlebih dahulu, baru mulailah untuk menghafal.
  • Gunakan teknik pomodoro. Misalnya membagi waktu 1 jam untuk menghafal dengan pola 15 – 3 – 15 – 3 – 15 – 3 – 15 (15 menit untuk menghafal, 3 menit untuk istirahat).
  • Setorkan bacaan ayat atau surat yang hendak Anda hafalkan kepada guru sebelum memulai menghafal untuk memastikan bacaan telah benar.
  • Jauhkan gadget atau apapun yang mengganggu fokus ketika sedang menghafal Al-Quran.
  • Bacalah ayat dengan suara yang keras, makhraj yang fasih, serta artikulasi yang jelas ketika menghafal. Cara ini membantu untuk menguatkan ingatan audio (suara bacaan) dan ingatan kinestetik (reflek gerakan lisan).

Related Posts :